Jelang Peringatan Harlah Pancasila, Badan Kesbangpol Kobar Berikan Pembekalan Pusdiklat bagi Paskibraka Tahun 2023 

Kepala Bakesbangpol, Edie Faganti memberikan arahan kepada Paskibraka Kabupaten Tahun 2023 dalam kegiatan pembekalan Pusdiklat yang dilaksanakan di Halaman Bakesbangpol, Rabu (29/05)

MMC Kobar Dalam rangka mempersiapkan upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik selaku OPD teknis akan melaksanakan Pusdiklat Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Tahun 2023. 

Terhitung tanggal 30 Mei-1 Juni 2024, Paskibraka akan menjalani pelatihan PBB dan pembentukan sikap mental dalam kesiapan pelaksanaan tugas pengibaran bendera merah putih Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 mendatang.

(Baca Juga : Penuhi Standar Protokol Kesehatan, 29 Destinasi Wisata dan Tempat Usaha Terima Sertifikat dan SKTU Aman Covid-19)

Dalam acara pembekalan Pusdiklat yang dilaksanakan di halaman Bakesbangpol, Rabu (29/05) Kepala Bakesbangpol, Edie Faganti mengingatkan kepada Paskibraka Kabupaten Tahun 2023 berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pedoman Peringatan hari Lahir Pancasila Tahun 2024, dalam pelaksanaan kegiatan Pusdiklat ini mereka akan disiapkan dalam rangka kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila sebagaimana yang tertuang di dalam Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka.

“Keberhasilan dalam melaksanakan tugas yang diemban apabila kita bisa menjaga prilaku, sikap, hati dan pikiran yang mempunyai satu jiwa, satu jiwa sebagai sebuah tim yang akan bertugas mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih pada upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2024 nanti,” ujarnya.

70 peserta Paskibraka Kabupaten Tahun 2023 saat mendengarkan arahan dari Kepala Bakesbangpol, Edie Faganti di Halaman Bakesbangpol, Rabu (29/05)

Dalam kesempatan yang sama, Edie juga menyampaikan definisi visi dan misi Bangsa Indonesia yang terdapat di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) 1945.

“Melindungi kita kalau Bersatu, harus melindungi Rakyat Indonesia itu, setelah itu (terlindungi) mensejahterakan, kalau sudah aman perlu sejahtera, setelah sejahtera kita perlu cerdas.” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa proses lahirnya Pancasila mulai dari 1 Juni 1945, kemudian didiskusikan dan menghasilkan rumusan Piagam Jakarta 22 Juni 1945, sampai menghasilkan rumusan final pada 18 Agustus 1945. Pancasila sebagai dasar negara pemersatu Bangsa Indonesia.

Edie menambahkan bahwa Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” dan mengangkat Logo Utama Harlah Pancasila 1 Juni 2024 adalah Sandya Taru atau Pohon Persatuan yang mencerminkan persatuan, semangat gotong royong, dan kesetaraan. Pohon Persatuan tercipta dari nilai ketiga dalam Pancasila: Persatuan Indonesia dengan simbol pohon beringin.

“Seperti pohon yang bermakna sumber kehidupan, Pancasila lahir menjadi kekuatan bangsa. Pancasila menjaga jiwa-jiwa setiap insan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta membentuk karakter budi pekerti luhur,” pungkasnya

Di akhir pembekalan Pusdiklat Edie menginformasikan, setelah pelaksanaan tugas dalam upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024, Paskibraka Kabupaten Tahun 2023 akan dilantik menjadi Purna Paskibraka atau memasuki masa purna tugas sebagai Paskibraka. (Humas Kesbangpol)