Jelang Idul Adha 1441 H, DPKH Kobar Cek Kesehatan Hewan Kurban

Petugas Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan Kobar saat Pemeriksaan antermortem dan pemberian Kalung Sehat Pada Hewan Kurban.

MMC Kobar – Senin (13/7), Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H melaksanakan pemeriksaan hewan kurban yang berada di wilayah Kecamatan Arut selatan, Pangkalan Lada, Pangkalan banteng, Kumai, dan Kotawaringin Lama, serta memberikan ‘Kalung Sehat’ kepada setiap hewan kurban yang telah diperiksa.

Pemeriksaan meliputi sapi dan kambing yang diperjualbelikan menjelang Idul Adha 1441 Hijriah. Setiap hewan kurban diperiksa kesehatannya oleh tim Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban bersama dokter hewan. Pemberian Kalung Sehat ini dimulai pada Selasa (7/7) sampai dengan mendekati pelaksanaan hari raya kurban.

(Baca Juga : Pj Bupati Harap Jangkauan Kegiatan Bulan Mutu Karantina Makin Luas)

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ida Pandanwangi mengatakan pelabelan hewan kurban dilakukan untuk menjamin ketentramam batin masyarakat dalam mengkonsumsi produk hewani.

“Bagi masyarakat yang ingin membeli hewan kurban saat masa pandemi Covid-19 ini agar lebih selektif memilih hewan kurban dengan memperhatikan syariat agama dan kesehatan hewan,” tutur Ida.

Tahun ini DPKH menugaskan 80 orang petugas pemeriksa hewan kurban yang tersebar di 6 kecamatan. Mereka akan melakukan pemeriksaan antermortem (sebelum disembelih) dan postmortem (sesudah disembelih) pada hewan kurban yang berada di wilayah tugas masiing-masing. (dpkh kobar)