Jebol, Pelayanan Dokumen Kependudukan ala Disdukcapil Kobar

(foto Bersama) - Kadis Dukcapil Kobar Drs. H. Gusti M. Imansyah, M.Si berfoto bersama warga Desa Kumpai Batu Atas. (disdukcapil kobar)

MMC Kobar - Guna memvalidasi pemuktahiran data kependudukan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), terus melakukan berbagai terobosan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya dengan melakukan jemput bola (Jebol) langsung ke masyarakat.

Hal ini dilakukan Disdukcapil untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kobar akan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan, dari mulai Akta Kelahiran Anak, Akta Kematian, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK) hingga Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

(Baca Juga : Utamakan Keselamatan Wisatawan, Dishub Kobar Pinjamkan Life Jacket)

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Disdukcapil Kobar Drs. H. Gusti M. Imansyah, M.Si, bahwa saat ini pihaknya terus melakukan pelayanan maksimal terhadap masyarakat agar mereka mendapatkan dokumen resmi kependudukan.

“Hari Minggu (30 Juni 2019, red) lalu tim Jebol kami yang dipimpin oleh saya sendiri sudah turun ke Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan, untuk melakukan perekaman, pemutakhiran KK, KIA, Akte Kelahiran Anak dan Akte Kematian. Selain itu saya juga memberikan sedikit Sosialisasi kepada warga Kumpai Batu Atas untuk sadar akan administrasi kependudukan, dan kita fasilitasi dengan kemudahan tanpa perlu datang ke disdukcapil di Pangkalan Bun,” tambahnya.

Jempul bola atau Jebol ini, kata Gusti Imansyah, sudah dilakukan Disdukcapil di 4 Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan 6 Desa di berbagai kecamatan yang ada di Kobar. Meski dengan keterbatasan anggaran yang ada, namun pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan cara turun langsung ke lapangan.

“Karena kita paham, mungkin masyarakat ada yang sibuk bekerja, lanjut usia, disabilitas atau bahkan tidak punya biaya untuk transportasi ke Pangkalan Bun. Makanya kami berinisiatif untuk turun langsung ke lapangan,” terang Mantan Kadis Pariwisata tersebut. (disdukcapil kobar)