Jadi Koordinator Gerakan Indonesia Tertib, ASN Satpol PP dan Damkar Ikuti Sosialisasi GNRM

ASN Satpol PP dan Damkar mengikuti Sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental di aula kantor Satuan Pol PP dan Damkar Kobar, Kamis (27/1/2022)

MMC Kobar - Kamis (27/1) bertempat di aula kantor Satuan Pol PP dan Damkar (Satuan Pol PP dan Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dilaksanakan Sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Tahun 2022. Kegiatan ini diikuti oleh pejabat esselon III, esselon IV dan Sub Koordinator Satuan Pol PP dan Damkar Kobar. 

Sosilaisasi ini menghadirkan Kepala Badan Kesbangpol Drs. Edie Faganti sebagai nararumber. Dalam paparannya Edie menjelaskan bahwa salah satu strategi dalam pembangunan karakter adalah Revolusi Mental dan Pembinaan Ideologi Pancasila. Revolusi Mental adalah perubahan cara berpikir dalam waktu singkat untuk merespon, bertindak, dan bekerja.

(Baca Juga : Bupati Kobar Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Gotong-Royong Jaga Kamtibmas di Masa Pandemi)

“Ide dasar dari Revolusi Mental adalah membangun jiwa bangsa, yaitu jiwa merdeka, jiwa kebebasan untuk meraih kemajuan. Semangat Revolusi Mental adalah melanjutkan perjuangan besar mengisi janji kemerdekaan yang dinyatakan pertama kali oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1957, yang bertujuan untuk membangkitkan lagi semangat perubahan berkemajuan bangsa Indonesia,” papar Edie.

Dijelaskan Edie lebih lanjut, nilai strategis instrumental revolusi mental meliputi integritas, etos kerja dan gotong royong. Gerakan ini menyasar pada gerakan perubahan 5 corak nasional, yaitu Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu.

Kepala Badan Kesbangpol Kobar Drs. Edie Faganti saat memaparkan Materi GNRM

“Perlu diketahui, bahwa kegiatan sosialisasi GNRM Tahun 2022 dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol Kobar sebagai salah satu terobosan Kesbangpol dalam rangka jemput bola untuk mensosialisasikan GNRM yaitu khususnya pada Gerakan Indonesia Tertib (GIT)”, kata Edie.

Ia mengatakan, Satuan Pol PP dan Damkar Kobar merupakan koordinator Gerakan Indonesia Tertib sesuai dengan Keputusan Bupati Kobar Nomor 39 Tahun 2021 tentang Pembentukan Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental masa bhakti Tahun 2021-2023.

“Apa itu GIT? GIT adalah Gerakan Indonesia Tertib yang bertujuan untuk menjaga keamanan, ketertiban umum dan kentraman masyarakat sehingga gangguan terhadap kamtibumtranmas terjaga diwilayah Kobar dengan capaian penyelesaian pengaduan masyarakat yang ditindaklanjuti secara cepat sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku,” terangnya.

(Foto Bersama) - Sekretaris Riza Pahlevi beserta pejabat eselon Satpol PP dan Damkar bersama Kepala Badan Kesbangpol beserta jajaran usai kegiatan Sosialisasi GNRM

“Bahkan, kecepatan damkar dalam merespon atau menindaklanjuti laporan kejadian kebakaran atau pengaduan lainnya juga adalah salah satu tujuan dari GTI tersebut,” imbuhnya.

Tujuan sosialisasi GNRM, lanjut Edie, adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh elemen bangsa tentang arti pentingnya revolusi mental Indonesia, terbangunnya rasa kebersamaan, persaudaraan dan toleransi antara komponen anak bangsa, tanpa terkecuali pada Satuan Pol PP dan Damkar Kobar.

Kepala Satuan Pol PP dan Damkar Kobar melalui Sekretaris Riza Pahlevi memberikan apreasiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada Badan Kesbangpol dan secara khusus kepada Kepala Badan Kesbangpol yang telah memberikan ilmu, pengetahuan, informasi mengenai GNRM khususnya pada Gerakan Indonesia Tertib.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pak Edi dan jajarannya. Semoga hal-hal seperti ini menjadi kegiatan yang berkelanjutan demi sinergitas Kesbangpol dan Satuan Pol PP dan Damkar dalam mewujudkan integritas, etos kerja dan gotong royong di Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat dalam melayani masyarakat,” ucap Riza. (sy/nns/edt:mri)