ISTANA PANGERAN MANGKUBUMI

Istana Pangeran Mangkubumi adalah rumah yang berada di Kelurahan Raja, Pangkalan Bun, kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Istana mangkubumi terletak di jalan Pakunegara, tidak terlalu jauh dari pusat kota. Istana ini dibangun sekitar tahun 1850, dengan bentuk panggung dan menggunakan struktur pendukung utama berbahan kayu ulin, seperti lantai, dinding, tiang, dan atap. Istana ini juga merupakan rumah dari Pangeran Adipati Mangkubumi, menantu Pangeran Ratu Anum Kesumayuda, Sultan XI dari Kerajaan Kotawaringin (Kutaringin) yang berdiri pada tahun 1865-1904.

Istana Pangeran Mangkubumi memiliki sejumlah ruangan yang berisi berbagai benda bersejarah. Rumah tradisional ini terdiri atas 5 bangunan, yakni bangunan induk, penerima tamu, tempat tinggal pelayan, depan, serta dapur dan gudang. Ada pula Pemandian Putri Tujuh, yang menjadi bagian dari istana dengan hiasan ukiran berbentuk suluran berwarna kuning keemasan, merah, dan hijau di bagian pintunya. Maka dengan itu, tempat bersejarah ini sangat dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat sekitar, untuk tetap elok keindahan dan kebersihan Istana Pangeran Mangkubumi.

(Baca Juga : Plt Kadispora Kobar Beri Materi Diklat Paskibra)

Bangunan pendopo dengan bentuk atap limasan dari sirip ulin yang memanjang. Pintu masuk pendopo menghadap ke barat. Bangunan pendopo memiliki teras dan tangga naik yang menghadap ke utara. Tiang-tiang pada tangga dan peralatan yang berada di depan bangunan pendodo memiliki keunikan pada bagian atasnya yang dibentuk menyerupai intan atau batu permata.Sisi selatan bangunan pendopo Istana Mangkubumi, tampak taman dan pintu masuk menuju bangunan pendopo yang berada di sisi selatan. Sisi belakang atau sisi timur dari bangunan utama Istana Mangkubumi. (Dok. Chrstn/mcel/wwn/fbri/tyo).