Gebrakan Bupati, Semua Murid Baru Dapat Seragam Gratis

Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah (paling kiri). (Foto Dok. Humas Diskominfo Kobar)

MMC KOBAR - Tahun ajaran 2019 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) akan memberikan seragam gratis bagi murid baru yang mendaftar di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, jika di tahun ajaran 2018 Pemkab Kobar hanya memberikan seragam gratis bagi siswa-siswi murid baru dari keluarga tidak mampu, tetapi di tahun ini semua murid baru akan mendapatkan seragam gratis.

(Baca Juga : Gerakan Pemanfaatan Embung, Bupati Kobar Lepas 10 Ribu Bibit Ikan Lele)

"Pembagian seragam gratis merupakan salah satu janji politik Pasangan Nurani pada saat kampanye, hal itu telah kita realisasikan meski tahap awal baru diberikan kepada murid baru yang tidak mampu saja karena jika semua akan benturan dengan aturan sehingga diambil kebijakan khusus murid yang tidak mampu saja yang berhak mendapatkan seragam gratis," kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Menurut Bupati, berdasarkan kajian dan daerah lainnya pun telah memberlakukan seragam gratis bagi semua murid baru tingkat SD dan SMP sederajat sehingga Pemkab Kobar juga akan menerapkan hal itu.

"Kami tetap berkomitmen memenuhi janji-janji politik kami kepada masyarakat, termasuk pembagian seragam gratis ini tercetus karena adanya keluhan orangtua murid pada tahun ajaran baru yang mengeluhkan masalah seragam sekolah, atas dasar itulah kami memberikan seragam gratis itu agar meringankan beban orangtua murid. Meski tahap awal kami harus mencari formulasi yang tepat agar tidak melanggar aturan dalam penggunaan anggaran untuk seragam gratis ini," ucap Bupati.

Bupati menambahkan bahwa ada tiga jenis seragam gratis yang telah diberikan pada tahun sebelumnya, yakni seragam putih merah untuk SD, seragam putih biru untuk SMP, selain itu juga seragam batik khas Kobar dan seragam pramuka. (Humas Diskominfo Kobar)