DPMPTSP Beri Layanan Penerbitan NIB pada Festival Keuangan UMKM Kemenkeu Satu 2024

Antusiasme pelaku UMKM dalam mengurus perizinan berusahanya di stand DPMPTSP

MMC Kobar - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) hadir memberi layanan penerbitan NIB melalui OSS-RBA kepada para pelaku UMKM. Kegiatan ini digelar pada Festival Keuangan UMKM Kemenkeu Satu di Taman Kota Manis Pangkalan Bun selama 3 hari sejak tanggal 7-9 Mei 2024.

Mengawali kegiatan, Pj Bupati Kobar yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kobar Kamaludin, membacakan sambutan pada Selasa (7/5).

(Baca Juga : Bapenda Kobar Raih Penghargaan Mitra Terbaik dari KPP Pratama Pangkalan Bun)

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Kamaludin dan Wawan Juswanto selaku Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah.

Pembacaan sambutan Pj Bupati Kobar yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kobar, Kamaludin.

Dalam pembacaan sambutan Pj Bupati Kobar oleh Kamaludin, disebutkan bahwa pelayanan berbasis digital yang efektif dan efisien mutlak diperlukan masyarakat, termasuk pelaku UMKM dalam mengurus perizinan berusahanya.

“Saat ini Kobar telah memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) yang salah satunya dapat memberikan layanan perizinan berusaha,” ujar Kamaludin.

Saat peninjauan stand, Kepala Bidang Promosi, Pengelolaan Data, dan Sistem Informasi Penanaman Modal Rosita Wati mewakili Kepala DPMPTSP Kobar menyampaikan bahwa tahun ini DPMPTSP turut berpartisipasi dalam festival keuangan dan UMKM yang diselenggarakan oleh Kemenkeu.

“Kami turut berpartisipasi dalam kegiatan ini karena ingin menujukkan bahwa proses penerbitan NIB melalui OSS-RBA saat ini sangat mudah dan cepat,” papar Rosita.

Di akhir penjelasannya, Rosita menambahkan bahwa pelaku UMKM yang telah memiliki NIB dapat menggunakannya sebagai salah satu syarat dalam memperoleh kemudahan akses permodalan usaha yang telah dipersiapkan oleh pemerintah salah satunya melalui kementerian keuangan. (tyas/dpmptspkobar)

Pembukaan Festival Keuangan UMKM Kemenkeu Satu 2024.