DLH Kobar Gelar Senam Bersama pada Puncak Peringatan HPSN 2020

Bupati dan Wakil Bupati Kobar didampingi unsur Forkopimda, Camat, Lurah dan Kades serta perwakilan ASN melaksanakan senam bersama di halaman kantor Bupati Kobar dalam rangka Peringatan HPSN 2020 pada Jumat (28/02). Foto: dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Sebagai salah satu kegiatan yang digelar dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah (HPSN) Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar acara senam bersama di halaman kantor Bupati Kobar pada Jumat (28/02).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman ditambah unsur Forkopimda Kobar lainnya dan sejumlah Kepala SOPD serta ASN di lingkup Pemkab Kobar.

(Baca Juga : Sejumlah Barista di Kobar Ikuti Bimtek Kewirausahaan IKM Kopi)

Sebelum melaksanakan kegiatan senam bersama, di awal sambutannya Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengajak seluruh hadirin untuk mengheningkan cipta mengenang jasa para pahlawan yang peduli dengan kebersihan dan kesehatan lingkungan serta mengenang peristiwa tragis longsornya tumpukan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Leuwigajah, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat pada 15 tahun silam, tepatnya 21 Februari 2005 yang menewaskan sebanyak 157 jiwa. Peristiwa inilah yang menjadi cikal bakal sebagai dasar pelaksanaan HPSN.

Dalam sambutannya Bupati mengajak kepada seluruh peserta kegiatan untuk mendukung upaya pemerintah daerah mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Karena kita telah memperoleh penghargaan Anugerah Adipura sebanyak 12 kali berturut-turut, harapan kita semoga kedepannya Kobar mampu meraih kembali Anugerah Adipura tahun penilaian 2019/2020 sebagai kado awal tahun 2020," tutur Nurhidayah.

Lebih lanjut Nurhidayah juga mengungkapkan bahwa Anugerah Adipura yang diterima selama ini bukan hanya hasil kerja Pemkab Kobar semata tapi juga adanya dukungan seluruh unsur lapisan masyarakat Kobar.

"Raihan Anugerah Adipura yang telah kita terima selama ini adalah merupakan hasil kerjasama semua pihak yang telah bahu membahu untuk mewujudkan kota Pangkalan Bun yang bersih, hijau dan teduh," ungkap Nurhidayah.

Harapan yang lebih penting lagi bahwa dengan diterimanya penghargaan Adipura ini kesadaran masyarakat makin bertambah untuk menjaga kebersihan sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

“Mari bersama menjaga kebersihan, mulai lah dari diri kita sendiri untuk membuang sampah pada tempat dan waktu, kemudian belajarlah untuk menjadikan sampah menjadi nilai ekonomis," imbuhnya.

Kegiatan senam bersama diakhiri dengan pembagian doorprize kepada para peserta senam bersama melalui pengundian nomor kupon peserta.

Terpisah, Kepala DLH Bambang Djatmiko Trikora mengungkapkan bahwa hadiah doorprize tersebut diperoleh dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, antara lain PT. Pelindo III, Megamart Swalayan, Hypermart Swalayan, BlanzaMart dan masih banyak lagi. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas semua bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik, sukses dan lancar," tandasnya.

Harapannya semoga kerjasama yang telah terjalin dengan apik selama ini dapat selalu terjaga untuk kembali memberikan dukungan pada kegiatan di masa yang akan datang. (riyan/karlan08)