Disnakertrans Gelar Kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja melalui Pelatihan Keterampilan bagi Masyarakat Sekitar Hutan di Wilayah Kobar

Kepala Disnakertrans Kobar, Ir. Rusliansyah, M.Si membuka kegiatan Perluasan Kerja Pelatihan Keterampilan bagi masyarakat sekitar hutan

MMC Kobar - Kepala Disnakertrans Kobar secara resmi membuka kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja melalui Pelatihan Keterampilan dari Dana Bagi Hasil (DBH) Reboisasi Provinsi Kalteng pada Senin (8/7). 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Sangga Banua Sekretariat Daerah Kobar ini dihadiri Tim Penempatan dan Pelatihan Disnakertrans Provinsi Kalteng, Camat Arut Selatan, Camat Kumai, Kepala Desa Pasir Panjang, Kepala Desa Sebuai, Kepala Desa Kumpai Batu Atas, Lurah Mendawai Seberang, peserta pelatihan dan pegawai di lingkungan Disnaker Kobar.  

(Baca Juga : Berkolaborasi dengan PN Pangkalan Bun, DPMPTSP Kobar Gelar Kampanye Publik Anti Gratifikasi dan KKN)

Kepala Disnakertrans Kobar, Rusliansyah menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan fasilitasi Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dana Reboisasi yang ditujukan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan di wilayah Kobar.

“Pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan fasilitasi kegiatan Pemerintah Provinsi  Kalteng sebagai salah satu langkah pemerintah untuk mengurangi Tingkat pengangguran terbuka di wilayah Kobar, khususnya bagi Masyarakat yang tinggal disekitar hutan,” ungkap Rusliansyah

Penyerahan simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi Peserta Pelatihan

“Perluasan kesempatan kerja dilakukan dalam bentuk kegiatan diantaranya yaitu pelatihan keterampilan masyarakat/pencari kerja di sekitar kawasan hutan yang diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja/lapangan usaha yang produktif dan berkelanjutan bagi dirinya sendiri maupun orang lain,” terangnya.

Lebih lanjut Rusliansyah menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Disnakertrans Provinsi Kalteng di wilayah Kobar ini terdiri dari 5 jenis pelatihan yaitu Pelatihan Tata Boga, Pelatihan Pengolahan Ikan, Pelatihan Pengolahan Jamur Tiram,  dan Pelatihan Pengolahan Pakan Ternak. 

Jumlah peserta pelatihan sebanyak 100 orang dengan sasaran masyarakat/pencari kerja di sekitar kawasan hutan di Kelurahan Mendawai Kecamatan Arut Selatan, Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan, Desa Sebuai Timur Kecamatan Kumai, Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan.

“Perluasan Kerja melalui pelatihan keterampilan yang dilaksanakan oleh Disnakertrans Provinsi Kalteng ini nantinya juga dilaksanakan di seluruh wilayah Kalteng melalui pelatihan sebanyak 6 jenis pelatihan di 13 kabupaten/kota salah satunya di Kobar. Total pelatihan sebanyak 40 paket dengan jumlah peserta 800 orang di Kabupaten/Kota,” ungkap Rusliansyah.

Rusliansyah mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas diselenggarakannya pelatihan dari Disnakertrans Provinsi Kalteng di wilayah Kobar. 

“Kami menyampaikan terimakasih dengan terlaksananya kegiatan ini. Harapannya agar sumber daya manusia masyarakat Kobar khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya mampu bersaing dengan sumber daya manusia dari wilayah lain, dan tugas-tugas kita, khususnya tugas yang berkaitan dengan penanggulangan pengangguran di wilayah Kobar ini secara bertahap dapat teratasi, “ tutupnya. (n2k_disnakertranskobar)

(Foto bersama) - Peserta, Instruktur dan panita kegiatan di Aula Sangga Banua Setda Kab. Kobar