Diskominfo Kobar Ajak Masyarakat Ikuti Lomba Gapura Energy of Asia

MMC Kobar - Jelang gelaran Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke -73, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI serta panitia Asian Games (INASGOC) akan menyemarakkan even tersebut dengan mengadakan lomba gapura Asian Games Energy of Asia.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Rody Iskandar menjelaskan bahwa Kemendagri dan Kementerian Kominfo menugaskan Dinas Kominfo tiap provinsi/kabupaten/kota agar ikut mensosialisasikan secara masif dan menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mengikuti perlombaan tersebut.

(Baca Juga : Dispora Gelar Rakor Persiapan Bupati Cup Tahun 2019)

“Kemendagri dan Kementerian Kominfo mengamanatkan agar Dinas Kominfo di Daerah ikut mensosialisasikan hal ini dalam rangka menyemarakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Asian games dengan spirit Energy of Asia, salah satunya lomba gapura ini yang diharapkan keikutsertaan oleh seluruh elemen masyarakat,” ujarnya ketika dikonfirmasi oleh MMC Kobar, Selasa (24/7).

Lebih lanjut, Ia pun mengatakan bahwa Diskominfo Kobar akan memfasilitasi masyarakat Kobar yang ingin berpartisipasi dalam lomba gapura itu.

“Dinas Kominfo akan akan memfasilitasi masyarakat yang mempunyai keanggotaan maksimal sepuluh orang yang ingin berpartisipasi dalam lomba gapura ini, Diskominfo nantinya akan mengusulkan minimal tiga peserta yang dinominasikan sebagai pemenang di tingkat kabupaten untuk disampaikan kepada panitia provinsi untuk dinilai,” jelasnya.

Rody Iskandar pun menjelaskan maksud dari lomba ini adalah pembuatan gapura dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 seperti biasa pada setiap tahunnya namun dilengkapi dengan atribut Asian Games ke-18.

“Nanti untuk jelasnya, melalui kanal multimedia center mmc.kotawaringinbaratkab.go.id maupun media sosial Diskominfo Kobar akan kita informasikan secara terus menerus kepada masyarakat, yang jelas pelaksanaan lomba gapura ini dimulai tanggal 5-19 Agustus, jadi dari tanggal 5 Agustus itu kita sudah mulai memilih gapura-gapura untuk dinominasikan sebagai peserta yang akan dilaporkan ke panitia di Tingkat Provinsi,” katanya.

Pada lomba gapura ini, para pemenang akan mendapatkan hadiah yaitu tim juara I uang tunai Rp 25 juta, tim juara II Rp 15 juta, dan tim juara III sebesar Rp10 juta. Dan juga untuk 25 tim pemenang hiburan akan mendapatkan masing-masing uang tunai Rp 3 juta/tim. (Humas Diskominfo Kobar)