Dinas Pariwisata Adakan Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah di Detinasi Wisata

Sambutan Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kobar

MMC Kobar - Pariwisata bukan hanya sekedar sektor ekonomi, tetapi juga merupakan cerminan identitas dan kebudayaan suatu daerah. Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dengan segala potensi alamnya yang luar biasa, telah menjadi destinasi wisata kelas dunia. Agar tetap menjadi wisata kelas dunia, kebersihan lingkungan, sanitasi yang baik dan pengelolaan sampah yang efektif menjadi kunci keberhasilan dalam mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan. 

Berkaca dari itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Kobar mengadakan Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata, Kamis (12/9). Target peserta pelatihan ini dari pengelola desa wisata dan daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : Bupati Hj Nurhidayah Harapkan Perayaan Idul Fitri Berjalan Lancar dan Aman)

Pelatihan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 12-14 September 2024 di Brits Hotel Pangkalan Bun. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan pengelola obyek wisata dalam melaksanakan, mengelola dan mengevaluasi kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi pariwisata sesuai standar dan ketentuan.

Penyerahan simbolis perlengkapan pelatihan

Narasumber berasal dari kalangan akademisi, penyuluh lingkungan hidup, sanitarian dan pengelola desa wisata. Mereka berkolaborasi membagikan ilmunya agar kualitas pelayanan terutama dalam kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi wisata semakin baik sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kegiatan ini dibuka oleh Plt Kadispar Kobar Edie Faganti pada Kamis (12/9). Dalam sambutan Pj Bupati Kobar Plt Kadispar Edie Faganti mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan langkah nyata kita dalam meningkatkan kualitas pariwisata di Kabupaten Kobar. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat menjadi agen perubahan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pengelolaan sampah yang baik di destinasi wisata masing-masing.

“Untuk menarik kunjungan wisatawan, kebersihan dan keindahan lingkungan akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke tempat wisata. Oleh karena itu, pelatihan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar dapat diterapkan di tempat masing-masing,” kata Edie.

“Ayo kita tingkatkan kualitas pariwisata di kabupaten Kotawaringin Barat dengan menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan indah,” tutup Edie.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Sementara, Siti Mukaromah. Siti mengatakan bahwa masalah kebersihan merupakan masalah kita bersama dan harus dicarikan solusi terbaik untuk mengatasinya.

“Dengan pelatihan ini diharapkan akan membawa dampak yang positif juga bagi kunjungan wisatawan ke kabupaten Kotawaringin Barat,” kata Siti.

Salam Pesona Indonesia.. Ayo Tingkatkan Kualitas Pariwisata Kobar Jaya.. (dispar kobar)

Arahan dari Ketua Sementara DPRD Kab. Kobar