Dinas Dikbud Kobar Gelar Kegiatan Perencanaan Berbasis Data bagi Guru dan Kepala Sekolah

Sambutan Plt. Kepala Dinas Dikbud Kobar Jamri, S.Pd saat membuka kegiatan Perencanaan Berbasis Data tahun 2024 untuk Guru da Kepala Sekolah

MMC Kobar - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat (Dikbud) menyelenggarakan kegiatan Perencanaan Berbasis Data bagi Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2024, Selasa (14/5). Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pemahaman dan membekali guru serta kepala sekolah dalam penyusunan perencanaan berbasis data di satuan pendidikan.

Kegiatan PBD dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 14-16 Mei 2024 bertempat di Aula Hotel Andika, Jalan Hasanudin nomor 20 Pangkalan Bun. Kegiatan dibuka oleh Plt Kepala Dinas Dikbud Jamri.

(Baca Juga : Luncurkan Aplikasi Reva Kobar, Hj Nurhidayah Berharap Permudah Masyarakat Daftarkan Vaksinasi)

Dalam sambutannya Jamri mengatakan bahwa setiap sekolah atau satuan pendidikan harus peduli untuk melakukan update data sehingga memiliki data yang valid dan benar. “Data di satuan Pendidikan itu penting karena sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dan kebijakan,” ujarnya.

Narasumber kegiatan berasal dari BPMP ( Balai Penjaminan Mutu Pendidikan ) Provinsi Kalimantan Tengah, Frida Wulandari, ST.

Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah salah satu kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek ). PBD adalah bentuk pemanfaatan data pada Platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan pendidikan terhadap capaian mutu dan capaian pendidikannya. Terdapat tiga langkah dalam menyusun PBD yaitu identifikasi permasalahan, refleksi untuk menemukan akar masalah dan benahi permasalahan.

Peserta kegiatan berjumlah 65 orang, terdiri dari guru dan kepala sekolah yang berasal dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Kobar. Narasumber kegiatan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Tengah, Frida Wulandari, ST. (vero-dikbud)

Para peserta kegiatan Perencanaan Berbasis Data tahun 2024