Coto Menggala

Coto Menggala adalah soto khas dari Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah. Soto ini terbuat dari bahan singkong atau ketela. Dalam penyajiannya coto menggala ini, tidak disajikan dengan nasi, lontong atau ketupat, melainkan singkong yang telah direbus dan dipotong kecil-kecil. Soto ini dinamakan coto menggala karena orang Pangkalan Bun menyebut singkong dengan nama menggala. Sebagai pengganti daging, soto ini menggunakan kaki ayam atau sayap ayam. Coto menggala ini juga masuk kedalam 3 besar makanan tradisional terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API Award 2020). Bila anda berkunjung ke Kotawaringin Barat jangan lupa untuk mencicipi makanan unik khas Pangkalan Bun ini. Untuk harganya, coto manggala ini di tarif Rp 13.000 per porsinya.

Coto manggala ini telah menjadi menu wajib untuk dihidangkan jika ada acara penyambutan tamu kesultanan Kotawaringin atau tamu yang datang dari luar daerah, saat ada acara pernikahan, serta saat bulan puasa di Kotawaringin Barat.

(Baca Juga : Sasar Generasi Muda, Plt Sekda Apresiasi Seminar yang Diselenggarakan KPNI Kobar)

Meski sudah sangat populer sebagai makanan khas di Bumi Marunting Batu Aji, tidak banyak yang tahu bahwa coto manggala secara harfiah artinya perpaduan antara soto dan menggala alias singkong dengan toping-toping seperti ceker, sayap maupun paha ayam serta ditaburi dengan potongan telur dadar, dan mie soun serta kerupuk.

(Dok.Aly/yov/sisk/brnd/ahyr/nzr)