Bupati Resmikan Kantor BPBD

MMC Kobar - Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah, Senin (29/1) meresmikan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dimana pembangunannya di danai baik dari Pemerintah Pusat dan APBD Kobar. Dan dalam kegiatan peresmian itu juga dihadiri Anggota DPRD Kobar Bambang Suherman serta unsur Forkopimda.

Kepala BPBD Kobar Hermon F Lion mengatakan pembangunan Kantor BPBD Kobar yang ada di Jalan Cilik Riwut dibangun dua tahapan, dimulai pada tahun 2015 dari APBN yang digunakan untuk pembangunan pondasi serta pembangunan bagian dalam kantor lantai dasar.

(Baca Juga : Pj Bupati Kobar Hadiri Groundbreaking Program CSR Pemeliharaan Jalan Kecamatan Pangkalan Banteng dan Kumai)

"Kemudian pada tahun 2016 pembangunan kantor pun dilanjutkan pada lantai dua yang didanai dari APBD Kobar, dan pada tahun 2017 pembangunan dilanjutkan pembuatan gudang peralatan serta logistik yang didanai dari APBN," kata Hermon.

Jadi, kata Hermon total dana untuk pembangunan Kantor BPBD sebesar Rp 2,4 miliar. Bahkan ditahun 2018 ini ada juga bantuan dari pusat untuk pembangunan Gedung Pusat Pengendalian Operasi.

Sementara itu, Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan peresmian gedung baru BPBD sebagai momentum peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam mengendalikan bencana.

"Penanganan bencana yang dilakukan BPBD tidak pernah putus, selalu ada, untuk itu kami pun berharap dengan adanya penanganan bencana tetapi tetap memperhatikan pelayanan kepada masyarakat, dengan adanya bangun baru ini semuanya terpusat disini," kata Bupati.

Bupati juga mengharapkan agar personil BPBD jangan pernah berhenti untuk belajar terutama berkaitan dengan penanganan bencana.

"Kami sangat mengapresiasi kepada personil BPBD Kobar yang begitu sigap dan selalu berkoordinasi setiap ada bencana datang, selalu lakukan tanggap dalam menanggulangi bencana itu," ujarnya.

Namun kata Bupati, dalam menangani bencana juga dibutuhkan peran aktif seluruh komponen agar saling bahu membahu dalam mengatasi setiap bencana. (Humas Diskominfo Kobar)