Bupati Hj Nurhidyah Berharap Rumah Peradaban Mampu Dorong Tumbuhnya Kecintaan Terhadap Nilai-nilai Budaya

MMC Kobar - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah mengapresiasi program Rumah Peradaban yang dilaksanakan Balai Arkeologi Provinsi Kalimantan Selatan. Program ini dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan nilai-nilai peradaban leluhur yang tercermin dari berbagai artefak. Rumah Peradaban ini berusaha mengungkap nilai-nilai budaya dari hasil penelitian arkeologi yang telah dilakukan.

Hal ini disampaikan Hj Nurhidayah ketika menghadiri pembukaan Rumah Peradaban di Astana Al-Nursari Kelurahan Kotawaringin Hilir Kecamatan Kotawaringin Lama pada Selasa (16/11/2021). Rumah Peradaban di Kobar merupakan program Balai Arkeologi Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021 dan telah menerbitkan buku pengayaan dengan judul ‘Pesan Toleransi dan Keberagaman dari Leluhur di Kotawaringin’.

Hj Nurhidayah berharap program Rumah Peradaban ini mampu mendorong masyarakat Kobar untuk terus memahami kearifan dan nilai-nilai budaya yang dimiliki para leluhur di masa lampau. “Kita harapkan upaya menumbuhkan kecintaan dan semangat untuk terus melestarikan budaya-budaya leluhur,” katanya.

Hj Nurhidayah berharap buku tersebut mampu menyampaikan pesan tentang toleransi dan keberagaman yang telah mengakar sejak dahulu di wilayah Kotawaringin. “Di tempat ini, leluhur kita telah meletakkan dasar-dasar nilai keadaban, nilai yang harus terus kita lestarikan untuk kejayaan Kotawaringin Barat,” ungkapnya.

“Di tempat ini pula para leluhur berkumpul dan berdiskusi memikirkan kejayaan Kotawaringin, dan saat ini di tempat yang sama kita melakukan hal yang sama melalui Rumah Peradaban,” tambahnya. 

Hj Nurhidayah menjelaskan program ini selaras dengan salah satu misi Kabupaten Kobar yaitu melestarikan situs budaya, kesenian lokal dan masyarakat lainnya guna meningkatkan kunjungan wisata. Ia juga berharap kegiatan ini mampu menjadi salah satu pijakan dalam membangun Kobar menuju kejayaan. (prokom kobar)