Bulan Ramadan, Dispursip Kobar Gelar Kegiatan MPK Goes to Pesantren

Santriwati Ponpes Mambaul Hasan Lidda'wah saat menceritakan buku bacaan

MMC Kobar - Pada bulan Ramadan 1445 H/2024 ini, Dispursip Kobar memiliki beberapa agenda diantaranya menyelenggarakan kegiatan Layanan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) goes to Pesantren. Layanan MPK merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh Dispursip Kobar, dimana layanan ini mobile/ bergerak dari satu wilayah ke wilayah lain.

Pada Rabu (20/03), Dispursip Kobar melaksanakan Layanan MPK di Pondok Pesantren Mambaul Hasan Lidda’wah Desa Sungai Tendang Kecamatan Kumai. Layanan MPK di Pondok Pesantren Mambaul Hasan Lidda’wah diikuti lebih dari 60 orang. Para santri nampak cukup antusias dengan kedatangan layanan MPK, terutama santri putri yang sangat senang dapat memanfaatkan berbagai koleksi buku yang ada.

(Baca Juga : BPBD Kobar Serahkan Bantuan Logistik Kepada Korban Bencana Kebakaran Rumah di Jalan Seroja)

Sebelumnya pada Selasa (26/03), Dispursip Kobar juga telah melaksanakan layanan MPK di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Sumber Agung yang diikuti lebih dari 123 orang. Para santri sangat antusias dengan kehadiran MPK. 

Santri Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Sumber Agung saat memiliki koleksi buku yang ada di Mobil Perpustakaan Keliling

Sebelum kegiatan layanan MPK di buka, Pustakawan terlebih dahulu memberikan sosialisasi terkait layanan yang ada di Dispursip Kobar. Setelah itu, para santri dipersilahkan untuk memilah koleksi buku yang ingin di baca. Para santri sangat antusias saat mendengar ada koleksi sastra/ novel. Mereka langsung bersorak senang serta berebut memilih buku yang ada di mobil perpustakaan.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Achmad Zulkarnain menyampaikan bahwa layanan MPK goes to pesantren ini salah satu ide baru yang cukup baik. 

“Semoga di tahun akan datang akan lebih banyak titik Pondok Pesantren yang dapat dijangkau,” ungkap Zulkarnain.