Buka Pasar Ramadan, Hj Nurhidayah : Pasar Ramadan Bangkitkan Perekonomian di Kobar

Bupati Kobar Hj.Nurhidayah didampingi Sekretaris Daerah Suyanto dan Ketua Karang Taruna Riska Agustin melakukan pemotongan pita tanda dibukanya Pasar Ramadan di Stadion Sampuraga Kelurahan Sidorejo, Minggu (3/4/2022)

MMC Kobar – Tahun 2022 merupakan kali pertama diadakannya pasar Ramadan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) setelah masa pandemi. Meskipun Indonesia sedang dalam masa proses transisi dari pandemi ke endemi, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan terutama di tempat keramaian.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah pada Minggu (3/4) secara resmi membuka pasar Ramadan di 2 titik, yakni di Pasar Ramadan Kampung Sega Kelurahan Mendawai dan Pasar Ramadan Stadion Sampuraga Kelurahan Sidorejo. Selain itu juga, Hj Nurhidayah meninjau Pasar Ramadan di beberapa titik lainnya.

(Baca Juga : Di Kobar Akan Dibangun SMK Perikanan dan Pariwisata )

Pada Pasar Ramadan yang ada di Kampung Sega diikuti sebanyak 22 pelaku UMKM. Sedangkan di Stadion Sampuraga sebanyak 20 pelaku UMKM yang menjual berbagai jenis hidangan sayur masak, takjil berbuka dan makanan kekinian.

Dalam Sambutannya, Hj Nurhidayah mengapresiasi panitia yang telah menyelenggarakan Pasar Ramadan. Hal ini menurut Bupati, bisa membangkitkan kembali perekonomian di Kobar pasca pandemi khususnya bagi para pelaku UMKM.

Riska Agustin selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Kobar menyampaikan laporan kegiatan Pasar Ramadan di Stadion Sampuraga Kelurahan Sidorejo

“Semoga Pasar Ramadan ini menjadi sarana bagi para pelaku UMKM untuk dapat terus mengembangkan usahanya,” imbuhnya.

Pada Kesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna Kobar, Riska Agustin disaat menyampaikan laporan mengatakan bahwa tujuan diadakannya pasar ramadan ini adalah turut serta meramaikan suasana Ramadan. Selain itu, bisa juga memberi manfaat bagi masyarakat sebagai referensi untuk mencari hidangan berbuka puasa dan diharapkan keberadaan Pasar Ramadan ini bisa membantu dan memfasilitasi usaha para pedagang dan pelaku UMKM.

Bupati Kobar meninjau lapak pedagang dan pelaku UMKM di pasar ramadan Kampung Sega.

Riska berharap kedepannya event yg diadakan khususnya oleh karang taruna kabupaten ini akan menjadi event tahunan selama bulan Ramadan.

Alhamdulillah antusiasme para pelaku UMKM serta masyarakat yang datang cukup tinggi, sehingga menambah semangat teman-teman karang taruna untuk ambil andil dalam kegiatan ramadan ini,” ungkap riska.

“Ditambah dengan adanya penampilan band lokal dan berbagai lomba yang akan diadakan di lapangan sampuraga. Jadi masyarakat bisa sembari mengisi waktu ngabuburit sebelum berbuka puasa,” lanjut riska disela wawancara dengan awak media.

Pada pembukaan Pasar Ramadan tersebut, turut hadir juga Sekretaris Daerah Kobar, Kepala SOPD, Majelis pembina Karang Taruna Kobar, tokoh agama, tokoh masyarakat dan anggota Karang Taruna Kobar. (dsy/diskominfo kobar)