BKPSDM Kobar Selenggarakan Pelatihan Jabatan Fungsional Analis Kebijakan

Kepala BKPSDM, Aida Lailawati, memberikan sambutan kegiatan pelatihan jabatan fungsional analis kebijakan

MMC Kobar - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pelatihan jabatan fungsional analis kebijakan (JFAK) di lingkungan Pemkab Kobar. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru terkait pengembangan kompetensi serta pengembangan karir JFAK. 

Kegiatan dilaksanakan pada Rabu (02/10) bertempat di Ballroom Hotel Arsela dengan menghadirkan narasumber Dr. Suwatin, S.Sos, MA, dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Sebanyak 29 JFAK dari berbagai OPD di lingkungan Pemkab Kobar hadir dalam pelatihan ini.

(Baca Juga : DP3AP2KB Kobar gelar Pelatihan Petugas Pencatatan Pelaporan Berbasis IT)

Kepala BKPSDM Kobar, Aida Lailawati, saat memberikan sambutan, mengatakan sejujurnya bahwa sebagian jabatan fungsional, termasuk JFAK ini merupakan sesuatu yang baru di Kobar. Munculnya jabatan ini berawal dari kebijakan pemerintah pusat yang menyetarakan jabatan pengawas ke dalam jabatan fungsional. 

“Kebijakan ini berlaku secara nasional. Sehingga suka tidak suka kita harus menjalankannya,” ungkap Aida.

Seiring berjalannya waktu, muncul kebingungan terkait pengembangan karir pejabat fungsional ini, terutama untuk kenaikan pangkat. Untuk itulah pihak BKPSDM secara perlahan melakukan pelatihan terhadap jabatan fungsional yang ada. 

Alhamdulillah, pada hari ini kita bisa melakukan pelatihan JFAK ini, dengan narasumber langsung dari LAN selaku instansi pembina JFAK,” ujar Aida

Aida berharap dengan adanya pelatihan ini, peserta bisa memanfaatkan sebaik – baiknya untuk menggali pengetahuan terkait JFAK. Selain itu peserta juga dapat menyampaikan pengalaman maupun tantangan yang dihadapi ketika menjadi pejabat fungsional. 

Kepada narasumber Aida meminta agar peserta dibekali dengan strategi pengembangan karir serta panduan untuk mencapai jenjang karir yang lebih tinggi. “Silahkan berdiskusi dan sharing sebanyak – banyaknya dengan narasumber kita,” pinta Aida sekaligus menutup sambutannya.