BKAD Kobar Terima Kunjungan Belajar SMKN 1 Kotawaringin Lama

Sesi Foto bersama Pegawai BKAD Kab. Kobar bersama Siswa Siswi SMK N 1 Kotawaringin Lama

MMC Kobar - Selasa (17/9) Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima kunjungan belajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kotawaringin Lama. Kunjungan belajar ini dilaksanakan dalam rangka upaya peningkatan kualitas peserta didik dan kompetensi keahlian peserta didik.

Rombongan SMKN 1 Kotawaringin Lama berjumlah 25 orang dan 4 guru pendamping. Kunjungan sekolah  ini disambut secara langsung oleh Sekretaris BKAD Hanik Mujiati, Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporaan, Kadek Ari Purwaningsih dan Tim Akuntansi BKAD Kobar di Aula Transparansi Badan Keuangan dan Aset Daerah. 

(Baca Juga : Cuaca masih Tak Tentu, BPBD Kobar Imbau Warga Tetap Waspada Pohon Rawan Tumbang)

Ada 3 sesi yang dilaksanakan pada kegiatan pemaparan materi, tanya jawab dan kunjungan ke masing-masing Bidang di BKAD. Pada sesi 1, Pelajar SMK N 1 Kotawaringin Lama terlebih dahulu diberikan sosialisasi oleh Kepala Sub Bidang Akuntansi Ika Puspasari yang menyampaikan Standar Akuntansi Pemerintah yang diterapkan dalam Penyusunan Laporan Keuangan Daerah oleh BKAD Kobar.

Pelajar SMK N 1 Kotawaringin Lama mendengarkan penjelasan dari narasumber BKAD Kab. Kobar

“Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat telah memperoleh 10 kali secara berturut-turut Opini Wajar Tanpa Pengecualian oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah,” ungkap Ika. 

“Artinya, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), hasil usaha atau Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Operasional Arus Kas, serta perubahan Ekuitas telah disajikan sesuai Standar Akuntansi Pemerintah,” jelas Ika.

Selanjutnya, sesi 2 Pelajar Smk Negeri 1 Kotawaringin Lama melakukan tanya jawab terhadap bagaimana tentang bagaimana dan apa itu WTP. Dijelaskan oleh Kadek bahwa ada beberapa kriteria yang harus di penuhi untuk memperoleh Opini WTP, yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Kemudian Sesi 3, Pelajar SMK Negeri 1 Kotawaringin Lama melakukan kunjungan dan wawancara terkait tugas dan fungsi BKAD. Selama kegiatan kunjungan dan wawancara, pelajar SMK N1 Kotawaringin Lama sangat aktif bertanya.

Dengan adanya kunjungan belajar Pelajar SMK Negeri 1 Kotawaringin diharapkan dapat semakin mengenal keuangan daerah sesuai kompetensi dan mata pelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Kunjungan pembelajaran ini diakhiri dengan sesi Foto Bersama.

Pelajar SMK N 1 Kotawaringin Lama mendengarkan penjelasan dari narasumber BKAD Kab. Kobar