Antisipasi Penyebaran Covid-19, Camat Pangkalan Lada Imbau Warga yang Sakit Segera Lapor Satgas Covid-19

MMC Kobar - Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Pangkalan Lada bersama Satgas Posko PPKM Mikro Relawan Desa Aman Covid-19 pada Jumat (2/7) menggelar rapat koordinasi di balai Desa Sungai Melawen. Rapat dihadiri oleh Satgas Relawan Covid-19 tingkat kecamatan yang juga selaku Kasi Pemkesra, Kepala Desa dan perangkat Desa Sungai Melawen, Lembaga BPD, LKMD, tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta para ketua RW dan RT di wilayah Desa Sungai Melawen.

Satgas Kecamatan menyampaikan tindak lanjut Tim Satgas Desa antara lain mengoptimalkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan menyediakan tempat karantina mandiri bagi masyarakat yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian mendata dan melaporkan data pasien di masing masing RT.

(Baca Juga : Cegah Rabies, Dinas PKH Laksanakan Vaksinasi pada HPR Anjing di Aruta)

Camat Pangkalan Lada, Robby Setiawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Robby mengimbau apabila ada warga yang sakit desa Sungai Melawen agar segera melapor ke Satgas Covid-19 Desa Sungai Melawen atau ketua RT setempat atau Kader wilayah masing masing untuk segera di data.

“Dan untuk segera melakukan Rapid Antigen di Puskesmas, karena dari hasil rapid antigen tersebut akan dilakukan tindakan selanjutnya. Apabila hasilnya negatif boleh langsung berbaur dengan masyarakat. Namun apabila hasilnya positif maka diimbau untuk melakukan isolasi mandiri,” ujar Robby.

Selain itu juga, lanjut Robby, pemerintahan desa mengadakan beberapa komponen pendukung posko PPKM Mikro dan diketahui oleh masing masing RW antara lain tikar, hand sprayer, masker, handsanitizer, senter dan sarung tangan untuk menunjang posko di wilayah RW masing masing. (sigit/kec-pangkalan lada)