195 Pelajar Ikuti Seleksi Tahap Akhir Calon Paskibraka Kobar

Para pelajar SMA/SMK/MA sederajat yang telah lolos seleksi pemilihan Paskibraka Tahun 2020 berkumpul di Lapangan Sampuraga untuk mengikuti tahap akhir seleksi Paskibraka, Rabu (11/3).

MMC Kobar - Setelah 7 hari Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaskibraka) Tahun 2020 melaksanakan seleksi di seluruh SMA/SMK/MA sederajat se Kotawaringin Barat (Kobar), pada Rabu (11/3) seluruh pelajar yang telah lolos ke tahap seleksi berikutnya berkumpul memenuhi Stadion Sampuraga Pangkalan Bun untuk mengikuti seleksi tahap akhir Paskibraka Tahun 2020.

Sebanyak 195 pelajar yang telah lolos seleksi pada tahap sebelumnya akan mengikuti tes kesehatan berupa tes fisik, mental dan kesehatan jasmani serta rohani.

(Baca Juga : Pertemuan Pembinaan Duta Perubahan Perilaku Kabupaten Kobar)

Tim Kesehatan yang terdiri 1 orang dokter dan 2 orang tenaga perawat diturunkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar untuk memeriksa kesehatan para pelajar calon Paskibraka, yakni dr. Novi Davitsen, Mursidah, Amd.Kep dan Rohadi, S.Kep.

“Kita selaku Tim Pansel Calon Paskibraka Tahun 2020 Tingkat provinsi dan Kabupaten Kotawaringin Barat melaksanakan seleksi akhir terhadap 195 peserta dari SMA/SMK/MA sederajat yang ada di Kobar,” tutur Kepala Dispora Kobar, Rustam Effendi.

“Seleksi meliputi pemeriksaan fisik jasmani dan rohani, cek ulang tinggi dan berat badan. Apabila nantinya hasil keputusan akhir siapa saja yang lolos terpilih sebanyak 76 orang itu, agar bisa menjaga dan mempersiapkan kesehatannya sampai saat mengikuti diklat hingga pelaksanaan pengibaran bendera pusaka nanti," terang Rustam Effendi.

Selain tes fisik, juga dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan. Pengukuran ini dilakukan agar dalam seleksi akhir ini dapat menghasilkan capaskibraka yang betul-betul teruji dan memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Sebagai hasil akhir yang lolos dalam seleksi ini, Capaskibraka akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Kobar sebagai anggota Capaskibraka Tahun 2020. Hingga pada bulan juli 2020 nanti, Paskibraka akan dikarantina dan diberikan pelatihan sebagai anggota Paskibraka tahun 2020.

Sebelum pelaksanaan Pengibaran Bendera Pusaka pada tgl 17 Agustus 2020 nanti, terlebih dahulu para pelajar akan dikukuhkan oleh Bupati Kobar sebagai anggota tetap Paskibraka. (edy/disporakobar)