100 Lapak Sediakan Berbagai Kebutuhan Peziarah Haul Kyai Gede Ke 12

Tampak kesibukan panitia dalam mempersiapkan haul kyai gede ke 12

MMC Kobar - Untuk memudahkan kebutuhan bagi para peziarah pada pelaksanaan Akbar Haul Kyai Gede ke-12 yang dilaksanakan Minggu (15/3), panitia telah menyiapkan berbagai fasilitas termasuk tempat-tempat lapak bagi para pedagang.

Sebanyak 100 pelapak akan mengisi tempat daganganya pada acara Haul nanti. Para pedagang ini tidak saja berasal dari warga Kotawaringin Lama dan sekitarnya namun ada yang berasal dari Pangkalan Bun sebanyak 30 pelapak.

(Baca Juga : DLH Kobar Tinjau Lokasi Lahan TPA Cadangan di Desa Kubu Kecamatan Kumai)

100 lapak penjual akan menyediakan berbagai kebutuhan bagi peziarah diantaranya perlengkapan ibadah, jajanan maupun oleh-oleh khas kotawaringin lama seperti gula aren, air lahang dan ikan asin lais.

Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kobar Muhammad Alamsyah dalam kunjungan nya ke Kecamatan Kotawaringin Lama Kamis (12/03) menerangkan persiapan kegiatan dilapangan termasuk fasilitas-fasilitas yang ada terus dilakukan pembenahan.

“Persiapan di lapangan sudah mendekat 85 persen termasuk prasarana jalan juga ada yang dipebaikai oleh PUPR Kabupaten seperti penambalan dan pengaspalan maupun fasilitas-fasilitas lainnya. Selain itu telah disiapkan tenda sebagai posko konsumsi persisnya jalan di samping Istana Al Nursari,”terangnya.

Kecamatan Kotawaringin Lama selain dikenal dengan wisata religinya, memilki produk lokal yang sudah cukup lama dikenal. Dari dulu sudah dikenal dengan gula arennya dengan kualitas terbaik. Cara pengepakannya masih menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan sehingga semakin memiliki daya unggul sebagai produk lokal yang bisa dipertahankan.

Untuk harga eceran tertinggi gula aren per turus dijual seharga 60 ribu rupiah berat 8 ons dan 85 ribu rupiah berat 1,5 kg. Sedangkan air lahang dijual 600 ml seharga 15 ribu per botol dan 1500 ml seharga 40 ribu per botol. (dispar kobar)