Kemenperin RI Berikan Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Bagi WUB dan IKM di Kobar

Kadis Perindagkop UKM, H Muhammad Yadi bersama dengan para wirausaha IKM.

MMC Kobar - Kementerian Perindustrian RI memberikan kegiatan penumbuhan dan pengembangan bagi Wirausaha Baru (WUB) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Pembukaan kegiatan ini berlangsung di Hotel Avilla, Pangkalan Bun, Senin (9/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Disperindagkop UKM, H Muhammad Yadi yang secara resmi membuka kegiatan.

(Baca Juga : Bunda PAUD Kobar Dukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan)

Kepala Disperindagkop UKM, H Muhammad Yadi mengatakan, sinegritas antara Kementerian Perindustrian dengan Pemerintah Kabupaten Kobar dalam hal ini Disperindagkop UKM, dan juga dorongan dari Komisi VI DPR RI diharapkan bisa memajukan sektor industri, dan juga mempercepat peningkatan jumlah dan potensi wirausaha industri.

Katanya, keigatan pengembangan seperti ini sangat tepat untuk menghidupkan usaha-usaha kecil maupun menengah untuk membuka usaha baru bagus masyarakat yang kehilangan pekerjaan, karena dunia kerja saat ini bukan hanya menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Jadi ini sangat bagus sekali, kita harapkan apa yang diterima dari pemateri bisa dikembangkan oleh wirausaha,” katanya.

Kepala seksi Ditjen IKM dan Aneka Kementrian Perindustrian Ade Aries Priatna, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada WUB dan IKM sebagai bekal untuk berwirausaha.

Dengan kegiatan pengembangan ini juga diharapkan para wirausaha mampu mengaplikasikan hasil dar ini untuk menjalankan usahanya.

“Sehingga dapat menciptakan peluang lapangan kerja untuk lingkungan sekitar dan juga menumbukan perekonomian daerah,” katanya.

Sementara staf khusus dari anggota DPR RI, H Mukhtarudi, Chandra Dewi mengatakan, kegiatan IKM ini merupakan kerjasama Kementrian Perindustrian dan Komisi VI DPR RI, yang mana dia diminta untuk menunjukkan tempat pelaksanaan kegiatan pengembangan IKM ini dan atas petunjuk dari Bapak H Mukhtarudin menjadikan Pangkalan Bun sebagai Venue kegiatan ini.

Chandra Dewi berharap, dengan para wirausaha baru dan juga pelaku IKM bisa mengikuti kegiatan pengembangan ini agar bissa memberikan manfaat untuk kelangsungan usaha masing-masing.

Adapun beberapa WUB IKM di Kabupaten Kobar yang mengikuti kegiatan pengembangan ini diantaranya IKM minuman dan olahan Kopi dan Barista, IKM Pangan Berbahan dasar ikan, Bimbingan Teknis Produksi dan Kewirausahaan bagi IKM Servis Elektronik, Bimbingan Teknsi Produksi dan Kewirausahaan bagi IKM Servis Motor, IKM Kerjinan dari rotan dan IKM Konveksi. (disperindagkop ukm kobar)