Wujudkan Desa Bersinar, Badan Kesbangpol Kobar Gandeng BNNK Gelar Sosialisasi P4GN di Desa Kumpai Batu Atas

Kaban Kesbangpol Kobar, Edie Faganti saat memberikan Paparan pada Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) guna mewujudkan desa bersih narkoba (Bersinar) di di Aula Desa Kumpai Batu Atas, Kamis (21/09)

MMC-Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggandeng Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kobar dalam melaksanakan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) guna mewujudkan desa bersih narkoba (Bersinar) di  wilayah Kecamatan Arut Selatan yang dilaksanakan di Aula Desa Kumpai Batu Atas, Kamis (21/09).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala BNNK Kobar Miga Nugroho. Dalam sambutannya Miga Nugroho mengatakan, BNNK secara serius dan sistematis akan mendukung dan mendorong terwujudnya desa yang betul-betul bersih narkoba baik dari aspek supply reduction dan demand reduction dengan mengoptimalkan pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi, dan pemberantasan di khususnya yang berlokasi desa/kelurahan.

(Baca Juga : Manfaatkan Ban Bekas, Pemerintah Kecamatan Pangkalan Lada Optimalkan Lahan Pekarangan)

"Sangat diperlukan adanya sinergi antara pemerintah daerah dan BNNK dalam pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi terhadap pengguna narkoba. Mari kita jaga generasi muda jangan sampai mereka menyentuh Narkotika", ujar Miga.

Miga Nugroho menambahkan, pelaksanaan kegiatan sosialisasi pencegahan narkotika yang digagas oleh Badan Kesbangpol ini merupakan langkah awal dalam membekali peserta dalam rangka mewujudkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar), agar lebih paham seluk beluk narkoba dan dampak buruk, serta ancaman-ancamannya bagi masyarakat dan generasi muda di Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan  Arut Selatan.

Peserta Kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) guna mewujudkan desa bersih narkoba (Bersinar) di di Aula Desa Kumpai Batu Atas, Kamis (21/09)

“Diharapkan dapat membuka cakrawala berpikir wawasan dan gagasan ikut andil dalam memberantas narkoba bagi dirinya dan masyarakat di Kecamatan Arut Selatan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol, Edie Faganti mengatakan, Pemkab Kobar merespon perkembangan permasalahan narkoba termasuk berbagai ancaman lain yang dapat menimbulkan kerawanan kejahatan dengan melakukan pengawasan pengendalian dan pencegahan pemberantasan dan peredaran gelap narkotika di Kabupaten Kobar.

"Saya mengharapkan setelah diadakannya sosialisasi ini, seluruhnya dapat berperan aktif di tengah-tengah masyarakat, agar dapat memberi informasi kepada masyarakat untuk tidak bersentuhan dengan narkoba dan segala jenisnya. Sehingga para generasi muda dan pelajar yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat terhindar dari dampak negatifnya,” harapnya.

Edie juga menambahkan, pemerintah daerah maupun BNNK Kobar serta TNI-Polri telah berupaya sekuat mungkin untuk menangani peredaran gelap, tapi masih ada saja peredaran beredar bebas. 

"Saya juga sangat mengharapkan setelah diadakannya sosialisasi ini, seluruh peserta dapat berperan aktif di tengah-tengah masyarakat, agar dapat memberi informasi kepada masyarakat untuk tidak bersentuhan dengan narkoba dan segala jenisnya, sehingga para generasi muda dan pelajar yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat terhindar dari dampak negatifnya,” pungkasnya

Adapun Narasumber Sosialisasi dari BNNK Kobar dan Kaban Kesbangpol Kobar dan dihadiri oleh Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kecamatan Arut Selatan, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Kumpai Batu Atas serta Pelajar dari SMKN 3 Pangkalan Bun. (humas kesbangpol)

(Foto Bersama) - Usai Kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) guna mewujudkan desa bersih narkoba (Bersinar) di di Aula Desa Kumpai Batu Atas, Kamis (21/09)