Selamat, Pj Bupati Kobar Masuk dalam Kategori Penjabat Kepala Daerah Berkinerja Baik

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo saat mengikuti Rapat Evaluasi Penjabat Kepala Daerah dengan Menteri Dalam Negeri, Selasa (20/12/2022)

MMC Kobar – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Anang Dirjo masuk dalam kategori Pj Kepala Daerah Berkinerja Baik berdasarkan hasil penilaian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Hal ini, disampaikan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir pada rapat Evaluasi Pelaksanaan Tugas Penjabat Kepala Daerah Triwulan I secara daring pada Selasa (20/12).

(Baca Juga : Kunjungan Kerja DPRD Kotim ke Bapenda Kobar)

Dari penilaian yang dilakukan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Pj Bupati Kobar berada diurutan ke-9 dengan skor 25 atau 89,3 persen. Sedangkan untuk tingkat kabupaten, Pj Bupati Kobar berada di urutan ke-4.

Menanggapi hal ini, Pj Bupati Anang Dirjo mengungkapkan rasa syukurnya atas nilai positif yang diraih Kabupaten Kobar. Menurut Anang Dirjo, hal ini merupakan hasil dari upaya bersama jajaran Pemkab Kobar.

Daftar Penjabat Kepala Daerah yang Berkinerja Baik berdasarkan hasil penilaian Kemendagri RI.

Alhamdulillah.. Tentu prestasi ini merupakan hasil kinerja bersama secara kolaboratif dengan seluruh pihak,” ucapnya.

Rapat yang dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian tersebut diikuti sebanyak 96 penjabat gubernur/walikota/bupati seluruh Indonesia.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, penjabat kepala daerah bukan merupakan jabatan politik dan tidak memiliki beban politik. Karena penjabat kepala daerah diangkat dari struktural jabatan pimpinan tinggi madya dan pimpinan tinggi pratama.

“Untuk itu, saya berharap kepada seluruh penjabat kepala daerah dapat berkinerja lebih baik dari pejabat definitif,” harap Mendagri.

Sementara itu Irjen Kemendagri Tomsi Tohir menjelaskan, berdasarkan hasil penilaian Itjen Kemendagri dari 96 penjabat kepala daerah, telah dilakukan penilaian terhadap 71 penjabat kepala daerah. Terdapat tiga aspek yang dilakukan penilaian, yakni bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, dengan setiap aspek terdapat berbagai indaktor penilaian

“Dari indikator-indakator tersebut, terdapat 28 indikator yang digabung dari ketiga aspek penilaian. Dengan skor penilaian dilihat dari jumlah indikator yang sudah dilakukan,” terang Tomsi Tohir. (fnd/diskominfo kobar)