Wakil Gubernur Surat Thani Thailand Melihat Langsung Praktik Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan di Desa Pandu Senjaya

Wawancara Camat Pangkalan Lada dengan salah satu delegasi Gubernur Surat Thani Thailand mengenai perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.

MMC Kobar - Kunjungan Wakil Gubernur Surat Thani Thailand Suthipong Klai-udom beserta 20 orang delegasi mengunjungi Desa Pandu Senjaya Kecamatan Pangkalan Lada, Rabu (21/9) siang. Kunjungi Wakil Gubernur Surat Thani ini untuk melihat langsung praktik perkebunan kelapa sawit berkelanjutan milik kelompok tani di Desa Pandu Senjaya.

Delegasi Provinsi Surat Thani dari negeri Gajah Putih ini datang ke Pangkalan Lada karena tertarik untuk mempelajari tentang model sertifikasi kelapa sawit berkelanjutan berbasis yurisdiksi yang saat ini sedang berproses di Kotawaringin Barat, khususnya terkait Internal Control System (ICS) pada Asosiasi Petani Lestari Kelapa Sawit (APLKS) di Kobar.

(Baca Juga : Kolaborasi Pengusaha Muslim Vital untuk Wujudkan Kemajuan di Dunia Islam)

Seperti diketahui, Kecamatan Pangkalan Lada merupakan salah satu wilayah yang mengawali program Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) yang bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan standar global untuk produksi minyak sawit berkelanjutan yang memiliki legalitas dan yang ramah lingkungan. Hal inilah yang menarik mereka untuk berkunjung ke Pangkalan Lada.

Camat Pangkalan Lada Robby Setiawan yang mendampingi delegasi negara Thailand menyampaikan, lebih dari 50 persen mata pencaharian masyarakat Kecamatan Pangkalan Lada adalah sebagai petani dan pekebun kelapa sawit.

Kunjungan Delegasi Gubernur Surat Thani Thailand ke perkebunan kelapa sawit berkelanjutan kelompok tani desa Pandu Senjaya. Foto Camat P_Lada

“Harapan saya mudah-mudahan Pemerintah Provinsi Surat Thani Thailand bisa mengambil hal-hal positif dari pengelolaan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di Kecamatan Pangkalan Lada,” ujar Robby Setiawan.

Hadir dalam penyambutan dan pendampingan rombongan Wakil Gubernur Surat Thani Thailand di Desa Pandu Senjaya, yakni perwakilan Bappeda, Kapolsek Pangkalan Lada, Ketua APLKS Kobar, Kepala Desa Pandu Senjaya dan Tim Yayasan INOBU. (kec-p.lada)

(Foto bersama) - Penyambutan kunjungan Wakil Gubernur Surat Thani Thailand di Desa Pandu Senjaya. Foto Camat P_Lada