Wabup Ahmadi Pimpin Apel Siaga Gelar Personel dan Sapras Penanggulangan Karhutla

Didampingi Kapolres Kobar AKBP Devy Frimasnyah, Wabup Ahmadi Riansyah memeriksa kesiapan pasukan dan sarpras penanggulangan Karhutla di Lapangan Sampuraga, Kamis (4/3)

MMC Kobar - Dalam rangka menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2021 di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), pada Kamis (4/3) dilaksanakan Apel Siaga. Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Sampuraga ini sebagai bentuk kesiapan pasukan dan sarana prasarana dalam rangka pengendalian karhutla di wilayah Kobar.

Bertindak sebagai pimpinan apel kali ini adalah Wakil Bupati Ahmadi Riansyah dan diikuti oleh seluruh elemen yang tergabung dalam satgas pengendalian Karhutla Kobar yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Tagana, PMI, Damkar, Manggala Agni serta  dari unsur Masyarakat Peduli Api.

(Baca Juga : Bentuk Tim Penanganan Covid-19, RSSI Pangkalan Bun Koordinasi Dengan Dinas Terkait)

Dalam sambutannya Wabup Ahmadi menyampaikan tujuan apel siaga ini untuk menunjukan semua siap baik personil, sarana dan prasarana, sinergritas TNI/Polri dan pemerintah daerah serta dukungan oleh masyarakat.

“Agar jangan sampai terulang lagi kebakaran hutan dan lahan yang luas di wilayah kobar seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Ahmadi. Ahmadi juga mengungkapkan apel siaga ini juga bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan pengendalian karhutla.

“Secara rutin dan terus-menerus kepada kita semua, terutama petugas pengedalian kebakaran lahan dan hutan untuk melakukan pengecekan kondisi dan kemampuan masing-masing personil petugas tim,” tambah Ahmadi.

Selain pengecekan kondisi paralatan, Ahmadi juga berharap pengaktifan pos komando data dan informasi tentang tenaga swadaya masyarakat disetiap desa/kelurahan, termasuk rencana kerja dan penguasaan medan seperti jalan, sungai, lapangan terbang, embung ataupun sumber air.

Dalam kesempatan ini Ahmadi Riansyah juga mengajak seluruh masyarakat agar bersama sama menjaga alam dan manjaga daerah kita bebas kabut asap, agar bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman. (prokom kobar)