Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Pemkab Kobar Akan Laksanakan Vaksinasi dalam 4 Tahap

Kepala Dinas Kesehatan Kobar, Achmad Rois, SKM,M.Kes saat divaksinasi Covid-19 oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Madurejo, Selasa (2/02/2021).

MMC Kobar - Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah membuka kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Selasa (02/02) pagi di halaman Puskesmas Madurejo. Kegiatan vaksinasi perdana ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kobar, Unsur Forkopimda, kepala SOPD, Kepala BNNK, Ketua MUI Kobar, Kepala KKP kelas III Sampit, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pendidikan di Kobar.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar, Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan dalam 4 tahap. Pada tahap 1 dengan sasaran tenaga kesehatan dan penunjang di fasyankes. Tahap 2 dengan sasaran petugas pelayanan publik dan kelompok usia lanjut.

(Baca Juga : FLS2N Jenjang SD dan SMP Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2024 Resmi Dibuka)

“Tahap 3 dengan sasaran masyarakat rentan serta tahap 4 dengan sasaran masyarakat dan pelaku ekonomi,” imbuh Rois.

"Tahapan ini dijadwalkan akan dilaksanakan sampai selambat-lambatnya Maret 2022. Kita telah menyediakan Vaksin Sinovac yang terbukti aman dan halal sebanyak 3.560 vial untuk diberikan kepada 1.780 tenaga kesehatan dan penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan," tandasnya.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 perlu dilakukan upaya khusus, tidak hanya melalui penerapan protokol kesehatan saja namun juga melalui upaya pemberian vaksinasi Covid-19.

"Kita harapkan dengan adanya Pencanangan Vaksinasi Covid-19 kepada 10 tokoh Kotawaringin Barat serta Ketua Organisasi Profesi Kesehatan, dapat menjadi contoh panutan dan motivasi bagi masyarakat Kotawaringin Barat untuk menumbuhkan rasa percaya di masyarakat. Sehingga pada saatnya nanti bisa menerima Vaksin Covid-19 secara serentak dalam rangka membentuk Herd Immunity di Kabupaten Kotawaringin Barat," tutur Hj Nurhidayah. (humas diskominfo kobar)