Disperindagkop UKM Kobar Gelar Pelatihan Keterampilan Teknis Pengolahan Pangan Berbahan Dasar Ikan bagi Pelaku UMKM

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perindagkop UKM menggelar kegiatan Pelatihan Keterampilan Teknis dalam Pengolahan Pangan Berbahan Dasar Ikan, Senin (6/5). Kegiatan ini ditujukan khusus bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 6-8 Mei 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan teknis para pelaku UMKM dalam mengolah bahan baku berbasis ikan menjadi produk-produk bernilai tambah tinggi. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama antara Disperindagkop UKM dengan beberapa lembaga pendukung pengembangan UMKM di bidang pangan.

(Baca Juga : Forum Kabupaten/Kota Sehat Kobar Kunjungi DLH Kobar)

Salah satu narasumber unggulan dalam kegiatan ini adalah ahli pengolahan pangan lokal yang telah berpengalaman dalam industri pengolahan ikan. Materi yang disampaikan meliputi teknik pengolahan, pengemasan yang higienis, manajemen mutu, hingga strategi pemasaran yang efektif.

Dalam sambutan Pj Bupati Kobar yang dibacakan Kepala Dinas Perindagkop UKM Alfan Khusnaini, kegiatan ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam memberdayakan UMKM, terutama di sektor pengolahan pangan berbasis lokal seperti ikan yang merupakan potensi besar daerah tersebut. 

“Diharapkan dengan peningkatan keterampilan ini, para pelaku UMKM dapat menghasilkan produk yang lebih bermutu dan memiliki daya saing yang tinggi di pasaran,” ujar Alfan.

Peserta pelatihan terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pengusaha UMKM yang sudah berpengalaman hingga mereka yang baru memulai usaha di sektor pengolahan pangan. Semangat belajar dan berbagi pengalaman menjadi warna tersendiri dalam kegiatan ini, menciptakan atmosfer yang inspiratif dan produktif bagi semua peserta.

Kegiatan pelatihan ini juga diharapkan dapat menjadi titik awal bagi kerjasama lebih lanjut antara pelaku UMKM, pemerintah daerah, dan lembaga pendukung pengembangan UMKM untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor pengolahan pangan yang berkelanjutan dan berkualitas.

Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari kegiatan ini secara maksimal, sehingga dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan UMKM dan ekonomi Kabupaten Kotawaringin Barat secara keseluruhan.