Uji Coba Pemanfaatan Bangunan Irigasi Perpompaan di Desa Natai Baru

Kepala Dinas TPHP Kobar, Kamaludin saat uji coba pemanfaatan banguan alat irigasi di Desa Natai Baru, Rabu (26/8).

MMC Kobar – Rabu (26/08) Dinas TPHP Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Sarana, Prasarana dan Penyuluhan melakukan uji coba pemanfaatan bangunan irigasi di Desa Natai Baru Kecamatan Arut Selatan. Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas didampingi Kepala Bidang Sarana, Prasarana dan Penyuluhan penanggung jawab kegiatan, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian, Kepala Desa Natai Baru serta anggota Kelompok Tani (poktan) Sinar Harapan.

Dalam sambutanya, Kepala Dinas TPHP Kobar, Kamaludin mengatakan bahwa bangunan yg bersumber dari APBN 2020 ini sudah selesai dan siap digunakan. Untuk pemanfaatan irigasi ini juga dapat dipadukan dengan sistem sprinkle agar penggunaan air dapat lebih efisien.

(Baca Juga : Pengetatan Mobilitas Mudik Lebaran Akan Menjaga Tren Baik Penanganan Pandemi)

“Pembangunan proyek irigasi perpompaan telah selesai dan bisa langsung dimanfaatkan oleh petani, ini juga bisa dipadukan dengan teknologi penyiraman sistem sprinkle agar lebih efisien dalam pemakaian air,” tutur Kamaludin.

Dengan adanya alat irigasi ini Kamaludin juga berharap dapat dimanfaatkan secara optimal. “Seperti yang kita saksikan bersama alat ini bekerja dengan baik untuk menyirami pertanaman tomat atau tanaman hortikultura, dengan adanya alat irigasi ini kedepan pemanfaatannya dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan yang kita harapkan,” lanjut Kamaludin.

Pada tahun 2020 ini, di Kabupaten Kobar terdapat 2 poktan yang mendapatkan kegiatan swakelola dana APBN guna pembangunan irigasi perpompaan, yakni Poktan Sinar Harapan di Desa Natai Baru dan Poktan Anugerah Tani di Desa Melawen. Rangkaian irigasi tersebut terdiri dari kolam (sumber air), bangunan rumah untuk menempatkan pompa air, bak penampungan serta jaringan perpipaan.

Di Poktan Sinar Harapan diharapkan saluran irigasi ini nanti mampu mencukupi kebutuhan air dilahan seluas 5 ha, baik untuk lahan tanaman pangan maupun hortikultura. Sedangkan di Poktan Anugerah Tani mampu mencukupi kebutuhan air seluas 10 ha. Pada poktan Sinar Harapan pembangunan sudah selesai seluruhnya dan langsung dilakukan uji coba oleh Kepala Dinas TPHP.

"Kami senang, dengan adanya bantuan dari kegiatan ini khususnya kami petani merasa diperhatikan. Masalah yang sering kami hadapi disaat musim kemarau kesulitan air dengan adanya bantuan ini harapan kami mampu membantu sehingga kami bisa terus mengembangkan pertanian khususnya hortikultura guna mencukupi kebutuhan di Kobar ini,” kata Kholis ketua poktan Sinar Harapan.

Dengan terbangunnya jaringan irigasi ini diharapkan kebutuhan pasokan air dimusim kemarau dapat terpenuhi, sehingga petani tanaman pangan maupun hortikultura dapat terus beraktifitas tanpa terkendala kekurangan air. Maju Terus Petani Kobar. (dinas tphp kobar)