Tingkatkan Sarpras RTH, DLH Kobar Datangkan Tiga Unit Kendaraan Operasional

MMC Kobar - Dalam rangka peningkatan sarana dan prasarana Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotawaringin Barat (Kobar) pada tahun anggaran 2022 telah melakukan pengadaan 3 unit kendaraan operasional berupa 1 unit truk Skywalker, 1 unit dump truck dan 1 unit mobil penyemprot tanaman untuk digunakan oleh pasukan RTH (baca: Pasukan Hijau) dalam rangka pemeliharaan tanaman dan pemangkasan pohon di sepanjang ruas jalan di Kota Pangkalan Bun.

Menurut Kepala DLH Kobar, Fitriyana bahwa sumber dana pengadaan mobil operasional ini berasal dari Dana Bagi Hasil - Dana Reboisasi (DBH-DR).

(Baca Juga : Raih Peringkat Pertama, RSSI Pangkalan Bun Terima Penghargaan PMPRB)

"Dana yang kami peroleh melalui dana DBH-DR pada anggaran tahun lalu kami alokasikan untuk pengadaan mobil operasional RTH dan perencanaan pengelolaan Taman Hutan Raya (TAHURA). Pengadaan ini dalam rangka mempermudah para petugas saat melaksanakan tugasnya di lapangan," ungkap Fitriyana.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa bahwa saat ini banyak permohonan masyarakat ke DLH Kobar untuk melakukan penebangan pohon yang rawan tumbang maupun pemangkasan ranting-ranting pohon peneduh di beberapa ruas jalan di Pangkalan Bun. 

"Saat ini banyak sekali surat masuk terkait permohonan penebangan pohon sekiranya membahayakan pejalan kaki maupun pengendara. Namun saat di lapangan, kami kadang mengalami kendala apabila pohon yang akan ditebang sudah tinggi atau beberapa cabangnya ada mengenai kabel listrik dan/atau telpon," tutur beliau. 

"Dengan adanya mobil operasional Skywalker ini akan sangat membantu petugas dalam melakukan pemangkasan atau penebangan pohon karena bisa menjangkau ketinggian 16 meter," pungkasnya. (dlh.kobar)