Tingkatkan Produktivitas Sektor Penangkapan Ikan, Diskan Kobar Latih Nelayan Merawat Mesin Kapal

Kepala Diskan Kobar Beserta Jajaran Dan Aparat Desa Kubu Berfoto Bersama Nelayan Peserta Pelatihan Perawatan Mesin Kapal, Jumat (28/05)

MMC Kobar – Kegiatan penangkapan ikan adalah salah satu kegiatan hulu perikanan yang sangat besar sumbangannya bagi perkembangan ekonomi daerah. Dengan potensi dan luasan laut diwilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kita terus berharap agar kegiatan penangkapan ikan oleh nelayan akan berjalan optimal.

Salah satu faktor keberhasilan nelayan dalam operasi penangkapan ikan, adalah handalnya armada penangkapan yang ditunjang dengan mesin kapal yang mumpuni dalam melakukan operasi penangkapan.

(Baca Juga : Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Untama Hadirkan Narasumber dari Kesbangpol Kobar)

Pemkab Kobar melalui Dinas Perikanan (Diskan) terus mendorong peningkatan produktifitas kinerja disektor penangkapan ikan dengan melaksanakan latihan perawatan dan penggunaan mesin kapal nelayan di Aula Desa Kubu, Jumat (28/05).

Kepala Diskan Kobar Rusliansyah dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah telah menyalurkan mesin-mesin kapal yang diserahkan kepada nelayan yang setiap tahun dengan berbagai kapasitas.

“Pada tahun ini ada kurang lebih 139 mesin yang akan dihibahkan ke nelayan baik dalam bentuk mesin maupun mesin yang terpasang dikapal bantuan”, ujar Rusliasnyah.

Pemkab Kobar dalam hal ini Dinas Perikanan berharap dengan kegiatan pelatihan ini ketrampilan dan skill nelayan dalam merawat dan menjaga mesin kapal lebih baik dan pada saat nanti mampu lebih mandiri dalam menambah umur mesin menjadi lebih lama, sehingga mampu menekan biaya perawatan dan juga biaya pembelian mesin baru, ujar Rusliansyah.

Kami berharap pelatihan ini dapat meningkatkan produktifitas nelayan karena terjaganya mesin-mesin hibah pemerintah agar mempunyai umur ekonomis yang panjang yang tentunya akan banyak memberikan keuntungan bagi nelayan, tutup Rusliansyah. (Manis&Nita/Diskan Kobar)