Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Kobar Bangun Rumah Sakit Pratama Kutaringin

MMC Kobar - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) terus memperkuat pelayanan dasar di bidang kesehatan masyarakat Kotawaringin Lama dan sekitarnya. Peningkatan kualitas pelayanan tersebut dibuktikan melalui peresmian gedung Rumah Sakit Pratama Kutaringin (RSPK) pada Rabu (6/10) oleh Bupati Hj Nurhidayah.

Rumah sakit tipe D ini dibangun diatas lahan seluas 4,5 ha dan memiliki fasilitas yang memadai. Kepala Dinas Kesehatan Kobar, Achmad Rois menerangkan pembangunan RSPK menelan anggaran total sebesar 48 miliar, dana itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Rumah sakit ini menindaklanjuti rumah sakit rakyat yang dicetuskan pada tahun 2015, di pemerintahan Bupati Hj Nurhidayah kita fokus membangun dari tahun 2018 sampai 2021 dengan total anggaran 48 miliar," terang Rois.

Bupati Hj Nurhidayah mengatakan jika pembangunan RSPK ini adalah salah satu perwujudan untuk melengkapi fasilitas layanan kesehatan lanjutan/rujukan, sehingga diharapkan masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan secara berjenjang, berkualitas dan memuaskan.

“Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat sendiri terus berupaya membangun berbagai fasilitas pelayanan kesehatan yang semakin mendekat kepada masyarakat, setidaknya untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan dasar,” kata Hj Nurhidayah. 

Hj Nurhidayah berpesan kepada pengelola rumah sakit kutaringin serta masyarakat untuk senantiasa menjaga dan memelihara sarana dan prasarana rumah sakit ini dengan sebaik-baiknya agar dapat terus dimanfaatkan secara optimal dan berkesinambungan sesuai persyaratan standar rumah sakit pemerintah. (prokom kobar)