Tingkatkan Minat Baca, DKP Kobar Gelar Pameran Buku dan Launching Buku Baru

Bupati Kobar Hj Nurhidayah (depan) didampingi Kepala DPK Kobar Zainah (belakang) melihat koleksi buku di pameran sejuta buku. Pada acara pembukaan pameran sejuta buku tersebut sekaligus juga dilakukan launcing koleksi buku baru di DPK Kobar, Rabu (17/10). (Humas Diskominfo Kobar)

MMC KOBAR - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah mengapresiasi pameran sejuta buku yang digagas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerjasama dengan Konsorsium Penerbit Jogja Three G Production guna menumbukan gerakan membaca di masyarakat.

“Saya mengapresiasi yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Kotawaringin Barat. Ini pola kerjasama yang pertama kali dilakukan, ini terobosan baru. Dengan pameran seperti ini dapat memberikan pemerataan informasi di masyarakat dan menumbuhkembangakan motivasi masyarakat untuk gemar membaca,” tutur Bupati Kobar Hj Nurhidayah usai membuka pameran sejuta buku dan launching koleksi buku baru di DPK Kobar, Rabu (17/10) pagi.

(Baca Juga : Penerimaan Calon Anggota Polri, Disdukcapil Teken MoU dengan Polres Kobar)

Minat membaca ini perlu untuk ditingkatkan terutama bagi kalangan remaja, sambungnya. Karena mereka inilah yang nantinya menjadi generasi penerus kepemimpinan bangsa. Kalangan remaja harus mendapatkan pengetahuan yang baik dan menerima informasi-informasi yang positif di era teknologi informasi yang begitu cepat saat ini.

“Remaja ini estafet generasi penerus kepemimpinan bangsa, melalui pameran ini mereka diberikan sarana untuk menyalurkan aktivitasnya pada sisi yang positif, apalagi di era teknologi seperti sekarang ini, dampak negatif banyak diterima oleh mereka. Di sini (pen. pameran buku), merupakan hal positif bagi mereka, baik untuk mendapatkan pengetahuan dengan membaca buku pelajaran, juga mereka dapat membaca buku-buku tentang tokoh pendiri nasional bangsa, ini untuk memotivasi mereka akan kecintaan terhadap bangsa dan daerahnya,” ucap Bupati Kobar yang mengaku menyukai novel Harry Potter ini.

Bupati pun mengaku bahwa dirinya juga senang membaca buku, terutama buku-buku yang menceritakan ketokohan sesorang, baik itu tokoh sejarah, nasional maupun pemuka agama, “Saya pribadi senang membaca buku, terutama buku tentang seseorang yang bisa membawa perubahan,” katanya.

Disinggung mengenai program peningkatan minat baca di desa, dirinya mengatakan bahwa pemerintah daerah melalui DPK Kobar telah membentuk perpustakaan di beberapa desa yang juga telah bekerjasama dengan pihak desa, selain itu pihaknya juga telah melakukan gerakan gemar membaca di beberapa desa dengan menggunakan fasilitas mobil perpustakaan keliling.

“Kita sudah punya perpustakaan desa yang bekerjasama dengan pihak desa. Kita juga punya perpustakaan keliling. Do’akan mudah-mudahan mobil keliling ini bisa bertambah, bisa menjangkau 6 kecamatan, terutama daerah pelosok, akan kita prioritaskan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPK Kobar Zainah menambahkan, selain pameran sejuta buku yang resmi dibuka pada hari ini, DPK Kobar juga melakukan launching koleksi buku barunya.

“Jenis buku yang di launching hari ini sesuai dengan klasifikasi untuk perpustakaan umum, seperti buku bacaan umum, referensi, koleksi ilmiah, termasuk tabloid terbitan lokal maupun nasional,” tuturnya.

Menurutnya, koleksi buku ini selalu ditambah setiap tahunnya, ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perubahan perkembangan dan kemajuan keilmuan. “Setiap tahun ada koleksi buku baru yang akan kita perkenalkan kepada masyarakat, mereka boleh meminjamnya,” ujarnya.

Terakhir, Zainah menyebutkan bahwa di tahun depan, DPK Kobar berencana akan menghibahkan buku ke beberapa perpustakaan desa. Dia mengatakan, ini salah satu langkah dari pihaknya untuk meningkatkan minat baca masyarakat sampai ke tingkat desa.

“Tahun depan, kita akan menyeleksi buku koleksi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, selanjutkan akan dihibahkan ke 19 perpustakaan desa yang ada di Kobar,” pungkasnya. (Humas Diskominfo Kobar)