Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Disdukcapil Kobar Gelar Diskusi Publik

MMC Kobar - Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat (Disdukcapil Kobar) menggelar diskusi publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Kegiatan ini mengikutsertakan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda.

Kegiatan berlangsung di aula rapat kantor Disdukcapil Kobar pada Kamis (17/6/2021). Dalam kegiatan ini, Disdukcapil Kobar berupaya menjaring aspirasi warga terkait dengan standar pelayanan kependudukan di lingkungan Disdukcapil.

“Berbagai pelayanan yang dilakukan petugas Disdukcapil baik secara tatap muka maupun layanan online, kita berharap adanya masukan saran dari warga masyarakat,” ungkap Kadis Dukcapil Kobar H. Gusti M. Imansyah.

Pada paparannya Kadisdukcapil Kobar Gusti Imansyah menyampaikan capaian prestasi yang telah didapatkan Disdukcapil Kobar. Diantaranya sebagai unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik tahun 2020 dari Kementerian PANRB.

“Kami ingin Disdukcapil Kobar menjadi lebih baik lagi. Oleh sebab itu masukan dari para tokoh-tokoh yang kami undang ini dapat kami rumuskan dan dapat kami jadikan sebagai masukan untuk peningkatan pelayanan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk),” tambahnya.

Peningkatan pelayanan oleh Disdukcapil Kobar dapat terlihat pada pelayanan door to door khusus warga lansia, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Penyandang Disabilitas. Kemudian layanan kerjasama antara pemerintahan desa seperti kegiatan Jemput Bola Layanan Dokumen Adminduk ke desa-desa yang ada di Kabupaten Kobar.

“Dalam penyusunan standar pelayanan masyarakat guna meningkatkan layanan itu wajib melibatkan masyarakat. Alhamdulillah di kegiatan ini masukan-masukan maupun kritik dan saran kepada pemerintah dalam proses pelayanan publik akan kami tampung, dan harapan kami sebagai bagian dari pemerintahan daerah yang bergerak di sektor pelayanan publik dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya,” tutup Gusti Imansyah. (disdukcapil kobar)