Tingkatkan Jumlah Partisipasi Politik, Badan Kesbangpol Berikan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula/Pelajar di Kumai

Kabid Poldagri Geger Suharmono mewakili Kepala Badan Kesbangpol Kobar saat membuka Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik di Aula Kantor Kelurahan Kumai Hulu, Kamis (2/6/2022).

MMC Kobar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (kobar) melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula/Pelajar di Kabupaten Kobar. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Kumai Hulu Kecamatan Kumai, Kamis (2/6).

Dalam sambutan Kepala Kesbangpol Kobar yang dibacakan oleh Kabid Politik Dalam Negeri Geger Suharmono menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang politik, demokrasi bagi generasi muda atau kaum milenial dalam rangka menyongsong Pemilu Tahun 2024, dengan harapan untuk bersatu mewujudkan demokrasi yang baik sehingga peran serta dan partisipasi pemuda akan meningkat dan menentukan pilihan sesuai dengan hati nuraninya masing-masing.

(Baca Juga : Bekerjasama dengan Satgas Covid-19 Kobar, Pemerintah Kecamatan Arsel Adakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19)

“Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah partisipasi politik di Kabupaten Kotawaringin Barat dari angka 78 persen menjadi 80 persen yang menjadi target KPU Kobar. Serta memberikan pemahaman politik bagi pemilih pemula agar menjadi pemilih yang cerdas, terhindar dari money politic, politik identitas dan berita hoax,” terang Geger.

Puluhan pelajar SMA/sederajat mengikut Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik di Aula Kantor Kelurahan Kumai Hulu, Kamis (2/6/2022).

Adapun Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Kasat Intelkam Polres Kobar AKP Nurtata SAP yang membahas Peran Polri dalam Pemilu 2024. Dan anggota KPU Kobar Ir. Mahdi Rahman yang menyampaikan terkait teknis pelaksanaan Pemilu 2024.

Kegiatan ditutup setelah diskusi yang diisi dengan banyak pertanyaan tentang upaya dalam mencegah ‘Serangan Fajar’ dalam setiap even pemilihan, mencegah generasi muda dalam money politic dan cara melaporkan kecurangan pemilu. Menanggapi hal tersebut, kedua narasumber sepakat dalam mencegah hal tersebut maka perlu adanya peran serta masyarakat dan tokoh masyarakat setempat termasuk generasi muda untuk tolak dan laporkan pelanggaran pemilu. (humas kesbangpol kobar)

Foto bersama Narasumber dan Peserta Sosialisasi Pendidikan Politik usai Kegiatan di Aula Kantor Kelurahan Kumai Hulu, Kamis (2/6/2022).