Tiba di Pangkalan Bun, 250 Peserta Offroad Bhayangkara Borneo Expedition Disambut Kapolda Kalteng

Kapolda Kalteng Nanang Avianto, Kapolres Kobar Bayu Wicaksono, Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo berfoto bersama peserta Borneo Expedition

MMC Kobar – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Nanang Avianto menyambut kedatangan para peserta Bhayangkara Borneo Expedition (BBE) di Pangkalan Bun Park, Sabtu (25/6). Kedatangan peserta juga diiringi konvoi dari komunitas motor trill dari komunitas yang ada di Kobar. 

Kegiatan yang diinisiasi Kapolda Kalteng ini dimulai dari Titik Nol Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan finish di Pangkalan Bun Park Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang dilaksanakan dari tanggal 18-26 Juni 2022.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Tinjau Lokasi PSR di Desa Pandu Senjaya)

Mengawali rangkaian acara penyambutan peserta BBE ini, terlebih dahulu para peserta dan tamu undangan yang hadir disuguhkan dengan tarian dari Sanggar Tari Bakuba dibawah asuhan Rahmat Agus Setiawan dengan judul Tari Menduhup Uluh Bakas.

Tarian ini merupakan tari kreasi baru yang menceritakan tentang aktivitas anak-anak Suku Dayak dalam membantu meringankan pekerjaan orang tua sehari-hari. Seperti Menampi Behas atau membersihkan beras,mencuci kain dan lain sebagainya

Kapolda Kalteng dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya mengapresiasi kepada seluruh peserta yang sudah berpartisipasi, karena kegiatan tersebut perlu persiapan fisik, mental dan juga sarana pendukung lainnya.

Penampilan Sanggar Tari Bakuba saat pembukaan acara Borneo Expedition di Pangkalan Bun Park

Pada kesempatan itu juga, Kapolda Kalteng menyampaikan ingin memperkenalkan potensi yang ada di Kalimantan yakni dari sektor pariwisata terdapat Taman Nasional Tanjung Puting, yang dimiliki daerah Kabupaten Kobar. Karena menurutnya disitu hidup berbagai macam flora dan fauna ciri khas Kalteng, seperti Orang Utan yang saat ini dilindungi Negara.

Selain itu juga, harapannya seperti dideglarasikan di IKN, bahwa komit untuk mengawal pembangunan IKN, amanat UUD 45, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tungga Ika.

"Selain memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan dari komunitas pecinta offroad se-Indonesia terhadap pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara yang berada di Panajam, Kalimantan Timur. Serta memperkenalkan Taman Nasional Tanjung Puting, Pangkalan Bun, kebanggaan masyarakat Kalteng," terangnya.

Dan pada saat itu juga, Kapolda dan jajarannya memberikan bantuan secara simbolis kepada 8 (delapan) orang penerima bantuan sosial (bansos) dari 1000 paket sembako dan 1000 buku Alquran yang selanjutnya akan didistribusikan kepada sejumlah petugas penyapu jalanan dan yayasan lainnya.

“Teriring doa, semoga kegiatan Bhayangkara Borneo Expedition Tanjung Puting 2022, dalam rangka hari Bhayangkara Ke-76, dapat berjalan lancar, aman dan sukses,” tutup Nanang Avianto.

Turut hadir dalam acara tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Kobar Anang Dirjo, Ketua DPRD, para assisten sekda, forkompimda, kepala OPD Kobar dan tamu undangan lainnya. (dsy/diskominfo kobar).

Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo menghadiri acara Borneo Expedition di Pangkalan Bun Park