Pemkab Kobar Dapat 1.272 Alokasi Formasi ASN 2023

Kepala BKPSDM, Aida Lailawati, saat menerima formasi ASN Tahun 2023 untuk pemkab Kobar beberapa saat yang lalu

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat alokasi 1.272 formasi untuk pengadaan ASN Tahun 2023. Rinciannya terdiri dari 600 tenaga guru, 468 tenaga Kesehatan dan 204 tenaga teknis lainnya. Seluruh formasi ini dialokasikan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kobar, melalui Analis SDM Aparatur, Rendra S Septiawan mengatakan bahwa pada tahun ini pemerintah pusat masih berupaya untuk memenuhi kebutuhan SDM di bidang pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan. 

(Baca Juga : Penerbitan Akta Kelahiran dan KIA, Peran Serta Disdukcapil Kobar Penuhi Indikator KLA)

Selain itu, pemerintah membuat porsi yang lebih banyak untuk penerimaan PPPK. Kebijakan ini merupakan salah satu keberpihakan pemerintah kepada tenaga honorer yang telah mengabdi di instansi pemerintah. 

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, formasi PPPK biasanya dikhususkan untuk tenaga honorer,” terang Rendra.

Terkait jadwal seleksi pengadaan ASN di Kobar, Rendra menjelaskan sampai saat ini pihaknya juga masih menunggu instruksi dari panitia seleksi nasional. 

“Sampai saat ini masih belum ada petunjuk teknis terkait tahapan jadwal seleksi maupun persyaratan pendaftaran. Jika telah ada, tentu akan segera kami umumkan,” ujar Rendra.

Terakhir Rendra berpesan bahwa seleksi ASN tahun 2023 dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Pihak BKPSDM mengingatkan kepada calon pelamar agar waspada terhadap tindakan penipuan terkait seleksi ASN. 

“Untuk informasi resmi, calon peserta dapat memantau langsung website dan media sosial BKN dan BKPSDM Kobar,” tegas Rendra mengakhiri penjelasannya. (bkpsdm kobar)