Terima Penghargaan Primaniyarta 2023, Pj Bupati Budi Santosa : Bukti Komitmen Pemkab Kobar dalam Upaya Tingkatkan Daya Saing Ekspor Indonesia

Pj Bupati Kobar menerima penghargaan Primaniyarta pada Pembukaan Trade Expo Indonesia di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten pada Rabu tanggal 18 Oktober 2023.

MMC Kobar - Gelaran Trade Expo Indonesia ke-38 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual. Acara tersebut diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten pada Rabu (18/10).

Tahun ini, Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan Primaniyarta kepada 17 eksportir terbaik dari tiap kategori dan Primaduta kepada 25 pembeli yang loyal dalam meningkatkan ekspor produk Indonesia. 

(Baca Juga : Launching Koleksi Buku Baru Dispursip, Pj Bupati Kobar Ajak Masyarakat Tingkatkan Minat Baca)

Penghargaan juga diberikan juga kepada daerah kepala perwakilan atas upaya mendorong ekspor nonmigas Indonesia. Kabupaten Kotawaringin Barat masuk dalam kategori tersebut.

Penghargaan ini diharapkan bukan hanya sebuah apresiasi semata, tetapi juga dapat menjadi inspirasi bagi pelaku usaha dan daerah lainnya untuk terus meningkatkan kinerja ekspor di Indonesia.

Penjabat (Pj) Bupati Kobar Budi Santosa berkesempatan langsung menerima penghargaan Primaniyarta 2023. Penghargaan dari Kementerian Perdagangan RI ini diserahkan pada pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI).

Pj Bupati Budi Santosa mengatakan, penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas berbagai kebijakan yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kobar dalam upaya mendukung dan mendorong kegiatan ekspor, diantaranya melalui peraturan daerah dan aturan lainnya.

Lebih lanjut Budi Santosa mengatakan, dengan adanya penghargaan ini, pemerintah pusat menilai jika Kobar dianggap telah mampu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan ekspor, sehingga memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di Kobar.

Alhamdulillah atas prestasi ini, apa yang telah kita capai menjadi motivasi bagi Kabupaten Kotawaringin Barat untuk terus berinovasi dan mendukung pertumbuhan ekspor nasional, Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai pintu gerbang perekonomian Kalimantan Tengah bagian barat. Sehingga pemerintah daerah selalu mendukung dalam perkembangan perekonomian baik secara regional maupun Nasional,” ujar Budi Santosa.

Budi Santosa juga menyampaikan bahwa penghargaan ini bukan sekadar menjadi prestasi individu bagi dirinya, namun merupakan penghormatan untuk seluruh masyarakat Kobar yang telah bekerja keras untuk mewujudkan kebijakan-kebijakan pro-ekspor.

“Keberhasilan ini menjadi bukti komitmen kuat pemerintah kabupaten Kotawaringin Barat dalam upaya meningkatkan daya saing ekspor Indonesia di pasar global,” tutupnya. (Dsy/Diskominfo Kobar)