Personil Satpol PP dan Damkar Kobar Ikuti Apel Gelar Personel dan Sarpras

Personel Gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Damkar, Basarnas, BPBD, Dishub, Tagana, Dinas Kesehatan, PMI, Relawan Pemadam Kebakaran serta ormas.

MMC Kobar - Personil Satuan Poisil Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti Apel Gelar Personel dan Sarpras dalam rangka penanganan karhutla, banjir, food estate, kejahatan lingkungan dan Covid-19 di wilayah Kabupaten Kobar. Apel gabungan ini dipimpin oleh Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto melalui video conference, dan dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Tengku Ali Syahbana bersama Forkopimda pada Selasa (18/01) di lapangan Sampuaraga Lama.

Apel ini diikuti ratusan personil gabungan yang terdiri dari TNI-POLRI, Satpol PP, Damkar, Basarnas, BPBD, Dishub, Tagana, Dinas Kesehatan, PMI, Relawan Pemadam Kebakaran serta ormas.

(Baca Juga : Barongsai Sambut Tim Penilai Lomba UP2K Tingkat Provinsi Kaliteng di Desa Sungai Melawen)

Dalam sambutannya, Nanang Avianto mengimbau agar setiap personil yang mengikuti apel gelar pasukan ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sebab hal ini menjadi tantangan yang berat dilaksanakan, mengingat penanganan karhutla, penanganan dan penyelamatan korban banjir, ketercukupan food estate menjadi prioritas kita bersama di tahun 2022 ini. Bahkan, kejahatan lingkungan hidup menjadi hal yang baru kita temukan dalam waktu 2 tahun terakhir ini.

“Terlebih khusus saya tegaskan mengenai penanganan Covid-19 yang masih menjadi program prioritas di tahun ini, sebab wabah varian baru sedang melanda Indonesia, walaupun belum menyebar luas,” kata Nanang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Satpol PP dan Damkar Majerum Purni menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mendukung apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan, food estate, penyebaran Covid-19 dan tindak pidana lingkungan hidup.

“Semoga hasil dari gelar pasukan ini dapat menjadi perhatian bersama dalam upaya mencegah pengendalian kebakaran hutan dan lahan, food estate, penyebaran covid-19 dan tindak pidana lingkungan hidup. Sehingga sinergitas dapat terjalin dengan baik dalam memelihara kamtibmas,” kata Majerum.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan penghargaan dari Kapolres Kobar kepada personil damkar yang turut serta menjaga kamtibmas. Penghargaan tersebut diberikan kepada petugas damkar yang dengan sigap dan cepat telah berhasil mengamankan kemudian menyerahkan pelaku pencurian ke Polres Kobar.  

Para personil damkar yang menerima penghargaan tersebut adalah Syahrani, Aditya Rahman, Rahmat Hidayat dan Saparudin. Selain itu juga diserahkan secara simbolis kepada Juni Pilau untuk menerima APD penanganan Covid-19. Penghargaan diserahkan Kapolres Kobar AKBP Devi Firmansyah bersama pejabat Forkopimda. (satpolpp damkar kobar/edt:mri)