Tarian Kolosal Memperingati HUT Ke-59 Kabupaten Kotawaringin Barat

Foto bersama: Bupati Kotawaringin Barat, Kepala Dinas Dikbud Kobar beserta para penari tarian kolosal. (Joy/Rahmi)

MMC KOBAR - Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang ke-59, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kobar akan mempersempahkan tarian kolosal pada upacara peringatan HUT ke-59 Kabupaten Kobar (pen: 3 Oktober 2018) nanti. Tarian massal ini melibatkan siswa-siswi SMP, SMA dan SMK, sanggar tari serta perguruan pencak silat lokal yang ada di Pangkalan Bun. 

Kepala Seksi Kesenian Dinas Dikbud Kobar Ngariyah mengatakan bahwa persiapan penampilan dari tari kolosal ini sudah dilakukan jauh hari sebelumnya.

(Baca Juga : DKP Kobar Serahkan Bantuan PSAT Kepada Relawan Dapur Umum)

“Pada persiapan tarian kolosal ini, para siswa siswi mulai berlatih sejak  31 Juli 2018 sampai dengan sekarang. Mereka berlatih pada sore hari sepulang sekolah.  Bahkan, bukan hanya Kepala Dinas Dikbud Kobar yang memantau langsung latihan tarian kolosal ini, Bupati Kobar juga ikut memantau untuk memberikan semangat kepada para penari, pemusik dan pihak lainnya yang terlibat dalam gelaran tarian kolosal masal tersebut,” ujarnya, Senin (1/10).

Ditambahkannya, selain tarian kolosal, Dinas Dikbud juga akan menggelar beberapa kegiatan lainnya, seperti upacara adat di Balai Sembaga Emas, Pawai Nasi Adab dan Festival Marunting Batu Aji.

“Ada upaca adat di Balai Sembaga, Juga Pawai Nasi Adab yang dijadwalkan pada 4 Oktober 208 nanti, kemudian ada Festival Budaya Marunting Batu Aji yang terdiri dari berbagai macam lomba budaya dan kearifan lokal masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya masyarakat Kotawaringin Barat yang pelaksanaannya akan dimulai pada 9-13 Oktober 2018 mendatang,” katanya.

Pendaftaran lomba-lomba pada Festival Marunting Batu Aji sudah mulai dibuka sejak 25 September sampai 5 Oktober 2018, Ngariah melanjutkan. “Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kegiatan tersebut, masyarakat Kobar dapat menghubungi panitia kegiatan, atau datang langsung ke Bidang Kebudayaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayan,” terangnya.

Catatan: Informasi mengenai kegiatan, dapat menghubungi:

  1. Ngariyah : 081349126816
  2. Murhami : 085247097349
  3. Rahman : 08125085727

(Joy/Rahmi)