Tanam Pohon di Embung Danau Asam, Bupati Hj Nurhidayah Ajak Masyarakat Jaga Kelestariannya

MMC Kobar - Dalam rangka memeringati Hari Bhakti Pekerjaan Umum yang ke-76 tahun 2021, Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II Kalimantan Tengah (Kalteng) Dirjen SDA Kementerian PUPR menggelar penanaman pohon di Embung Danau Asam, Kotawaringin Lama. Kegiatan yang dihelat pada Sabtu (11/12) ini dihadiri Bupati Kotawatingin Barat (Kobar) didampingi unsur Forkopimda dan beberapa kepala dinas terkait.

Embung Danau Asam mulai dibangun dan dikembangkan sejak 2 tahun belakangan dari APBN melalui kegiatan BWS. Bupati Kobar  Hj Nurhidayah mengapresiasi pembangunan yang dilaksanakan ini. Hj Nurhidayah mengatakan selain untuk mengamankan kebutuhan dasar air bersih, embung ini juga berfungsi untuk menjaga satwa-satwa endemik yang ada.

(Baca Juga : Kapal Pesiar MV Silver Discoverer Kunjungi Kobar)

“Bukan hanya sekedar pembangunan semata, namun sudah menjadi kebutuhan mendasar yaitu bagaimana penguatan kita di dalam penyimpanan sumber bahan baku air bersih,” kata Hj Nurhidayah. 

Bupati mengungkapkan jika Embung Danau Asam tidak hanya menyimpan cadangan air saja, namun juga berpotensi menambah destinasi wisata yang ada di Kobar. “Pemerintah daerah terus fokus terhadap sektor pariwisata, karena itulah Embung Danau Asam menjadi alternatif bagi masyarakat Kobar yang ingin menikmati suasana alam,” ujarnya.

Selain itu, Hj Nurhidayah juga meyakini pembangunan Embung Danau Asam juga akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat mengingat potensi sumber daya alamnya yang bisa dimanfaatkan secara bijak oleh masyarakat. “Kita lihat potensi sumber daya alam nya cukup tinggi, terutama untuk budidaya ikan air tawar, ini bisa menambah nilai ekonomis bagi masyarakat,” katanya/

Hj Nurhidayah menambahkan jika di wilayah kecamatan Kotawaringin Lama memiliki tiga danau yang memiliki potensi luar biasa. “Selain Embung Danau Asam ini, ada juga Danau Gatal dan Danau Masoraian yang masih menyimpan potensi sebagai habitat orangutan,” imbuhnya.

Karena itulah Bupati Hj Nurhidayah mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaganya, demi kelestariannya. (prokom kobar)