Tambah Lagi Satu Unit Bus Sekolah, Bupati Kobar: Saya Ingin Anak-Anak Nyaman dan Aman

MMC KOBAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) kembali mendapatkan bus sekolah hibah dari Kementerian Perhubungan RI. Kini armada bus sekolah yang selama ini mengantar para siswa bertambah satu unit, sehingga armada bus sekolah milik Pemkab Kobar menjadi dua unit.

Dengan adanya bus sekolah tersebut, Bupati Kobar Hj Nurhidayah berharap agar anak-anak yang belum mempunyai SIM tidak memaksakan diri untuk mengendarai kendaraan bermotor.

(Baca Juga : Para Kades di Kobar Ikuti Bimtek Khusus Penataan Kewenangan Desa)

“Bus sekolah bertujuan untuk mengurangi anak dibawah umur mengenderai sepeda motornya yang belum saatnya mereka lakukan. Dan juga memberikan rasa aman, nyaman terutama untuk orang tua,” kata Bupati Hj Nurhidayah pada prosesi ritual adat tampung tawar di halaman Kantor Dinas Perhubungan Kobar, Rabu (19/12).

Sebelum dioperasikan, terlebih dahulu dilakukan ritual adat tampung tawar yang merupakan sebuah tradisi turun menurun di daerah ini. Tampung tawar bisa diartikan sebagai cara mengucap syukur, mengharapkan berkah, serta menolak bala atau musibah.

“Tampung tawar sudah menjadi tradisi daerah ini jika ada sesuatu yang baru dengan tujuan berdoa kepada Allah SWT, semoga dalam pengoperasian bus ini diberikan kelancaran dan keselamatan, siapa saja yang ikut dalam bus itu,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kobar Hermon F Leon mengatakan bahwa penambahan satu unit armada bus sekolah ini baru saja diserahkan bulan Desember 2018 yang merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan. Sebelumnya Pemkab Kobar sudah mendapatkan bus sekolah pada tahun 2012 lalu dari Kementerian Perhubungan RI.

Untuk diketahui, armada bus sekolah ini direncanakan akan beroperasi sejak pukul 06.00 hingga 07.00 WIB dengan rute Kantor Dishub - Pinang Merah - Bumi Asih - SMP 7 Arsel PP dan Kantor Dishub - Terminal Natai Suka - SMP 6 Arsel. (Humas Diskominfo Kobar)