Tahun 2019, 11 Desa Di Kobar Ditingkatkan menjadi Desa Berkembang, Maju dan Mandiri

Sekretaris Dinas PMD Kobar, Teguh Winarno, AP saat memimpin Acara Sosialisasi Pemutakhiran IDM Kabupaten Kobar Tahun 2019, kamis (23/05). (dpmd kobar)

MMC Kobar - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Kelembagaan, Perkembangan Desa, Pelayanan Sosial Dasar menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Indeks Desa membangun Kabupaten Kobar Tahun 2019 di Aula Dinas PMD Kab Ktw Barat, Kamis (23/05).

Acara yang dibuka oleh Sekertaris Dinas PMD, Teguh Winarno, AP ini dihadiri 80 orang peserta yang terdiri dari unsur Bappeda, Perwakilan dari setiap kecamatan, Tenaga Profesional Desa, Tim Inovasi Desa, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : 25 PPL Ikuti Demfarm Buka Lahan Tanpa Bakar)

Narasumber kegiatan ini antara lain Sekertaris Dinas PMD, Kepala Bidang Kelembagaan Perkembangan Desa dan Pelayanan Sosial Dasar Kabupaten Kotawaringin Barat, Kepala Seksi Evaluasi Perkembangan Desa dan Tenaga Ahli / Profesional Desa P3MD Kab Ktw Barat.

Sosialisasi ini digelar dalam rangka untuk meningkatkan kerjasama dan menumbuhkembangkan desa dalam pemerataan pembangunan serta meningkatkan status kemajuan dan kemandirian desa, diharapkan desa menjadi berkembang, maju dan mandiri.

Dalam sambutanya, Teguh Winarno menyampaikan bahwa sebagaimana diamanatkan dalam Permendes nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa membangun secara umum Indeks Desa membangun, ada kaitannya dengan Profil desa namun IDM Parameternya berdasarkan 3 aspek yaitu, Indeks ketahanan Sosial, Ineks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi/lingkungan.

“Sedangkan profil desa data definitif keluarga, tingkat potensi dan tingkat perkembangan desa. Namun secara konseptual akan tergambar status desa berkembang, maju dan mandiri,” lanjut Teguh.

Sosialisasi Indeks Desa Membangun bertujuan untuk melakukan pembaharuan data Indeks Desa Membangun yang dikaitkan dengan proses pengumpulan data mengenai aspek kondisi sosial, aspek ketahanan ekonomi dan ekologi/lingkungan. Selain itu, sosialisasi ini juga bertujuan untuk menetapkan status kemajuan dan kemandirian desa dan menyediakan data IDM dan informasi dasar pembangunan didesa.

Pada tahun 2019 sasaran indeks desa membangun adalah 81 desa dan 6 kecamatan, 11 desa yang ditingkatkan statusnya dari berkembang, maju dan mandiri yang terdiri dari Sungai Kapitan Kecamatan kumai status berkembang, Desa Sungai Tendang, desa Bumi harjo, desa pangkalan satu Kecamatan Kumai status desa maju, desa pasir panjang, desa kumpai batu atas kecamatan arut selatan status desa maju, di Kecamatan Pangkalan Lada Desa sumber agung, desa Pandus Senjaya, Desa Pangkalan Tiga status desa maju, dan Kecamatan Pangkalan Banteng Desa karang Mulya, Desa Amin Jaya dengan status desa maju.

Untuk terwujudnya Launcing data Indeks desa membangun Kabupaten Kobar Tahun 2019  diharapkan peran serta partisipasi tenaga pendamping Profesional, tenaga ahli kabupaten, pendamping lokal desa (PLD), kepala Desa dapat memberikan informasi yang akurat dan atau mengisi kuisioner/ form data lebih valid sehingga scorring Penetapan status desa dapat dipertanggungjawabkan kepada publik. (dpmd kobar)