Standar Pelayanan Adalah Bagian Dari Reformasi Birokrasi

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Ir. Agus Yuwono, M.Si saat membacakan sambutan Bupati pada Acara Sosialisasi Standar Pelayanan Adalah Bagian Dari Reformasi Birokrasi di Aula Bupati, Kamis, (8/8). (prokom kobar)

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bagian Organisasi Kantor Sekretariat Daerah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyusunan Standar Pelayanan (SP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati pada Kamis (8/8) ini diikuti sekitar 100 aparatur sipil Negara (ASN) perwakilan dari seluruh SOPD di lingkungan Pemkab Kobar. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan kebijakan dan evaluasi Pelayanan Publik wilayah II-1 Kemenpan RB Aris Samson, S.Sos.,M.AP. 

(Baca Juga : Sasar Anak-Anak TK, Damkar Kobar Kembali Gelar Edukasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran )

Kepala Bagian Organisasi, Amir Hadi, S.E.,M.Ec.Dev mengatakan jika maksud penyelenggaraan kegiatan ini agar diperoleh bekal pengetahuan da pemahaman bagi ASN yang membidangi penyusunan standar pelayanan di masing-masing SKPD. Hal ini sesuai Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 Tentang pedoman Standar Pelayanan. 

Sementara itu Bupati Kobar dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Agus Yuwono, M.Si menegaskan kegiatan ini merupakan aspek penting dalam rangka memberikan kepastian, meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Salah satu cara mendapatkan kepercayaan masyarakat adalah dengan menerapkan standar pelayanan secara konsisten, dengan demikian standar kualitas pelayanan kepada publik akan menjadi lebih baik,” kata Agus Yuwono.

Begitu besarnya manfaat standar pelayanan dalam memberikan kepastian bagi masyarakat penerima layanan yang merupakan bagian dari reformasi birokrasi sehingga dapat jadi pedoman dalam penyelengaraan pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dengan peningkatan kualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur. (alfrets mongi/prokom kobar)