Pemkab Kobar Gelar Job Fair dan Bazar 2023

Assisten Administrasi Umum Setda Kobar Syahruddin menghadiri sekaligus membuka kegiatan Job Fair dan Bazar 2023, Selasa (14/03/2023)

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar kegiatan Job Fair dan Bazaar 2023 di Aula Balai Latihan Kerja, Selasa (14/3).

Sebanyak 17 Perusahaan ikut berpartisipasi dalam kegiatan job fair ini. Ada kurang lebih 25 jenis lowongan dan sekitar 150 lowongan kerja yang tersedia. Kegiatan ini juga diikuti oleh 30 UMKM yang berpartisipasi melalui bazaar.

(Baca Juga : Logo Peringatan Hari Jadi ke-64 Kobar Tahun 2023 Resmi Dirilis)

Job Fair dan Bazzar 2023 dibuka oleh Assisten Administrasi Umum Setda Syahruddin. Dalam sambutannya, Syahrudin mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk  memfasilitasi pertemuan pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat pertemuan lkedua belah pihak secara langsung sehingga mempercepat proses penempatan,” ujar Syahruddin.

Para peserta yang mengikuti seminar Motivasi dan Peluang Kerja ke Luar Negeri

Lebih lanjut Syahruddin menjelaskan, melalui kegiatan Job Fair yang dikolaborasikan dengan Bazar yang melibatkan pelaku UMKM dapat menimbulkan mulplier effect (efek berganda) yang bisa dirasakan seluruh lapisan masyarakat Kobar dan membantu mengurangi angka pengangguran melalui penempatan kerja sekaligus menggerakan ekonomi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Nakertrans Kobar Rusliansyah berharap melalui pertemuan ini semua  perusahaan hendaknya dapat juga menerima difabel untuk bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Kami berharap, perusahaan-perusahaan yang ada untuk dapat bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dalam mengembangkan investasi di daerah ini. Agar iklim investasi lebih baik dan bisa menumbuhkan lapangan pekerjaan yang lebih banyak, sehingga akan meningkatkan perekonomian daerah,” terang Rusliansyah

Kadis Nakertrans juga mengucapkan terima kasih kepada PT Sinar Alam Permai atas bantuan peralatan untuk pelatihan komputer berupa meja komputer sebanyak 16 buah, white board 3 buah dan printer. Dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Semoga apa yang kita laksanakan berguna bagi masyarakat Kotawaringin Barat dan sekitarnya,” pungkasnya.

Kegiatan Job Fair dan Bazar ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 14-16 Maret 2023 yang diisi beberapa kegiatan, diantaranya pada tanggal 14 Maret 2023 Seminar Motivasi dan Peluang Kerja ke Luar Negeri yang akan disampaikan narasumber dari Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kota Banjarbaru. Sedangkan tanggal 15-16 Maret 2023 adalah kegiatan Job Fair dan Bazar dari pukul 08.00 s/d 16.00 WIB. Khusus untuk Bazar buka hingga pukul 21.00 WIB. (dsy/diskominfo kobar)

Bazzar yang diikuti oleh para pelaku UMKM Kobar