Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran, Dishub Kobar Pasang Spanduk Imbauan

Pemasangan spanduk sosialisasi imbauan keselamatan pelayaran di Dermaga Sungai Gudang Kumai Seberang, Selasa (26/04).

MMC Kobar - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan sosialisasi keselamatan pelayaran dengan memasang spanduk imbauan pada beberapa dermaga yang ada di Kecamatan Kumai, Selasa (26/04). Spanduk imbauan sosialisasi keselamatan pelayaran tersebut dipasang diempat dermaga yang berada di Kecamatan Kumai yaitu di Dermaga Pasar Cempaka, Dermaga Pariwisata Kumai, Dermaga Pantai Kubu, dan Dermaga Sungai Gudang Kumai Seberang.

Kepala Dishub Kobar melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan, Hendry Purnama mengungkapkan bahwa pemasangan spanduk imbauan keselamatan pelayaran tersebut dilakukan untuk mengingatkan serta meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya pemilik transportasi sungai.

(Baca Juga : Bupati Hj Nurhidayah Berharap Program Bulan Bakti Bantu Pengembangan Usaha Bidang Perikanan Kobar)

"Diimbau kepada nahkoda atau pemilik kapal tradisional, kapal pariwisata, kapal nelayan, speedboat dan kapal/klotok penyeberangan agar melengkapi alat keselamatan maupun alat komunikasi," ujar Hendry.

Pemasangan spanduk sosialisasi imbauan keselamatan pelayaran di Dermaga Pariwisata Kumai.

Selain itu, Hendry mengimbau kepada para nahkoda kapal tersebut agar mengangkut penumpang dan barang tidak melebihi kapasitas muatan kapal karena dapat membahayakan dalam aktifitas pelayaran ataupun penyeberangan. Menjelang Hari Raya Idul Fitri nantinya, aktivitas masyarakat yang menyeberang dari Kumai ke Kumai Seberang ataupun sebaliknya akan mengalami peningkatan. Peningkatan aktifitas masyarakat tersebut terjadi setiap tahunnya saat menjelang lebaran.

Selain meningkatnya aktifitas penyeberangan menjelang lebaran, saat libur lebaran tiap tahunnya mengalami peningkatan aktifitas masyarakat baik yang menyeberang maupun berwisata dengan menggunakan kapal.

"Ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini masih ada, diimbau pula kepada masyarakat melalui spanduk tersebut agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19," imbuh Hendry. (vgs/dishubkobar)

Pemasangan spanduk sosialisasi imbauan keselamatan pelayaran di Dermaga Desa Kubu.