Sosialisasi Peta Tematik Pertanahan dan Ruang di Desa Karang Sari Kecamatan Pangkalan Banteng

Sosialisasi Peta Tematik Pertanahan dan Ruang oleh BPN Kotawaringin Barat di aula Desa Karang Sari, Senin (16/8)

MMC Kobar - Dalam rangka mendukung Program Pengelolaan Pelayanan Pertanahan, pada Senin (16/08/2021) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar kegiatan Peta Tematik Pertanahan dan Ruang (PTPR). BPN akan melakukan kegiatan pembuatan PTPR di Desa Karang Sari kecamatan Pangkalan Banteng.

"Tujuan PTPR adalah memastikan bahwa seluruh hak, batasan, dan tanggung jawab masyarakat atas tanah tercatat dalam sistem administrasi pertanahan," terang Kasi Pengukuran BPN Kobar, Tri Yulianto.

(Baca Juga : Wabup: Agen Nakal Bakal Dicabut Izinnya )

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi dengan masyarakat. Dalam diskusi warga Desa Karang Sari berharap kepada petugas surveyor BPN dalam melaksanakan tugas membuat PTPR benar-benar turun ke lapangan sehingga tingkat akurasi PTPR tinggi dan berkualitas. Kedua apabila ada program PRONA dari pemerintah agar biaya pembuatannya gratis.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Karang Sari, Sunandar, menyampaikan harapannya dengan sosialisasi ini kesadaran masyarakat akan meningkat terkait administrasi kepemilikan tanahnya. “Selanjutnya kedepannya akan terjalin hubungan yang baik antara pemerintah desa Karang Sari dengan BPN Pangkalan Bun,” ujar Sunandar.

Sementara itu, Kecamatan Pangkalan Banteng yang dihadiri Kasi Tata Pemerintahan, Dino Ardian, meminta kerjasama dari pihak pemdes dan warga Desa Karang Sari untuk memberikan informasi yang akurat terkait kepemilikan dan penggunaan lahan yang sudah bersertifikat maupun yang belum di Desa Karang Sari kepada surveyor BPN. “Sehingga PTPR yang dihasilkan outputnya akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” imbuhnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Desa Karang Sari Kecamatan Pangkalan Banteng ini dihadiri seluruh tokoh masyarat, Ketua RT, RW dan jajaran pemerintahan Desa Karangsari beserta instansi terkait. (kec-pangkalanbanteng)