Gebyar UMKM Wilayah Barat 2024, Pemkab Kobar Tampilkan Produk Unggulan UMKM

Perwakilan OJK Kalteng didampingi pegawai DisperindagkopUKM Kobar, saat mengunjungi Stand UMKM Kobar

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DisperindagkopUKM) dan beberapa pelaku UMKM mengikuti kegiatan Gebyar UMKM Provinsi Kalimantan Tengah Wilayah Barat, di Kotawaringin Timur, Jumat (6/9).

Kegiatan yang diikuti perwakilan dari Kabupaten Kotim, Seruyan, Kobar, Lamandau, dan Sukamara ini, berlangsung di Taman Kota Sampit dan Halaman Parkir Citimall Hypermart Sampit. Stand UMKM Kobar menjajakan berbagai produk unggulan dari kerajinan dan juga makanan olahan dari IKM/UKM Kobar.

(Baca Juga : Festival Merah Putih Kobar Wujud Persatuan dan Kesatuan Dalam Keberagaman)

Diinformasikan, bahwa pelaksanaan Gebyar UMKM Provinsi Kalteng Wilayah Barat Tahun 2024 ini resmi dibuka oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dan akan berlangsung selama tiga hari, pada 6 - 8 September 2024.

"Tentu ini sebagai momen penting dan menjadi sorotan utama bagi masyarakat Kalteng, khususnya wilayah barat. Sehingga dapat menjadi sarana untuk mengangkat potensi dan kekayaan di suatu daerah," kata Kabid Perdagangan Muhamad Suhendra yang hadir mewakili Kadis Perindagkop UKM Kobar.

Suhendra menuturkan bahwa pihaknya sangat antusias bisa mengikuti dan menampilkan produk unggulan dari Bumi Marunting Batu Aji.

Hendra menyebutkan, sejumlah produk yang dipasarkan diantaranya Kerupuk Ikan, Amplang, Stik Ikan Tenggiri, Stik Cumi, Keripik Pisang, Keripik Singkong, Emping Melinjo, Udang Crispy, Salai Pisang, Terasi Udang,  Ikan Jambal Telang, Albumin Ikan Gabus/Haruan, Kue Ilat Sapi, Kue Cincin,  Keripik Bonggol Pisang, olahan Ketebok Pisang dan lain - lain.

"Ada produk UMKM berupa aneka sambal kemasan yang juga dipasarkan," tuturnya.

Ia mengungkapkan, gebyar ini dapat mempromosikan dan memamerkan produk-produk lokal Kobar. Sehingga, secara tidak langsung memberikan dukungan ekonomi bagi pelaku UMKM di Kobar.

"Tentu selain memberikan dukungan ekonomi langsung bagi mereka (UMKM), juga sebagai alat memperkuat rasa kepemilikan dan kebanggaan terhadap warisan budaya dan produk lokal," ungkapnya.

Ia menambahkan, sejumlah pejabat publik juga telah mengunjungi stand UMKM Kobar. Salah satunya perwakilan dari OJK Kalteng.

"Tadi ada perwakilan dari OJK Kalteng bersama Bu Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng yang mampir ke stan UMKM Kobar, sekaligus memberikan testimoninya. Selain itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dan Pj Bupati Sukamara juga berkenan dan berkesempatan mampir di Stan UMKM Kobar. Perwakilan OJK Kalteng bangga dan kagum melihat olahan UMKM kita. Semoga ini menjadi penyemangat UMKM Kobar untuk semakin berkembang," pungkas Hendra