Siswa SDN 1 Pasir Panjang Antusias Ikuti Edukasi Siaga Bencana

Personil BPBD Kobar menyampaikan materi tentang kebencanaan ke siswa SDN 1 Pasir Panjang Sabtu (26/3)

MMC Kobar - Edukasi kebencanaan tentunya harus diterima oleh semua kalangan. Tidak hanya orang dewasa, pelajar pun hendaknya mengenal dan memahami macam-macam bencana hinnga penanggulangannya.

Sebagai salah satu fungsinya, Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat memberikan penyuluhan tentang kebencanaan kepada siswa siswi SDN 1 Pasir Panjang. Kegiatan yang berlangsung Sabtu (26/3) ini diikuti sekitar 65 siswa.

(Baca Juga : Tes Kesehatan dan Kebugaran Bagi Calon Jemaah Haji Kobar Tahap II)

Kepala Pelaksanan BPBD Kobar melalui Analis Kebencanaan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Fitri Iswandi mengungkapkan bahwa wawasan mengenai kebencanaan untuk pelajar sangat diperlukan.

"Dengan menyerap pengetahuan mengenai bencana sejak di bangku sekolah, diharapkan siswa-siswi bisa mengerti dan memahami apa dan bagaimana penanganan kebencanaan tersebut," ucap Fitri.

Siswa siswi SDN 1 Pasir Panjang antusias mengikuti simulasi penanggulangan bencana pada Sabtu (26/3) kemarin di halaman sekolah

Selain pengetahuan secara umum, personil juga memberikan penjelasan kondisi kebencanaan jika terjadi di sekolah mereka. "Mereka juga harus mengenal lingkungan mereka juga. Untuk itu kami juga memberikan simulasi bencana, seperti penggunaan jalur evakuasi di lingkungan sekolah dan pengenalan alat penanganan bencana," lanjut Fitri.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Pasir Panjang Darsono mengucapkan terima kasih dan salut kepada personil BPBD Kobar. Ia mengungkapkan bahwa antusias siswa dan siswi di sekolahnya akan berdampak baik dan informasinya tidak akan berhenti di mereka.

 "Apalagi keterampilan evakuasi mandiri diterima langsung oleh mereka. Kami yakin dengan sosialisasi ini, mereka akan menceritakan kembali kepada orang tua dan kerabatnya. Jadi dengan kata lain yang mendapat pengetahuan bertambah," terangnya. (bpbd kobar)